dibimbing.id - 11 Manfaat Search Engine Marketing untuk Perkembangan Bisnis

11 Manfaat Search Engine Marketing untuk Perkembangan Bisnis

Nadia L Kamila

09 October 2023

2119

Image Banner

Search Engine Marketing menjadi salah satu instrumen pemasaran digital yang paling banyak digunakan. Terutama sejak munculnya mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo.

Namun sebenarnya apa manfaat search engine marketing ini dan bagaimana dampaknya pada perkembangan bisnis? Mari kita bahas lebih lanjut. 


Mengenal Search Engine Marketing


SEM atau search engine marketing adalah sebuah strategi digital marketing yang menggunakan mesin pencari seperti Google atau Yahoo sebagai tempat promosi. 

Saat ini ratusan juta orang di dunia mencari informasi apapun yang mereka butuhkan melalui internet. Tak terkecuali informasi mengenai barang apa yang hendak mereka beli, hingga jasa yang hendak mereka pakai.

Oleh karena itu memanfaatkan search engine marketing berarti membuat calon pelanggan datang ke toko onlinemu dan membeli apa yang mereka butuhkan dari situ. 

Cara untuk mendatangkan calon pelanggan ini ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Kamu bisa memilih cara mana yang paling cocok untuk bisnismu.

Dibimbing sebagai platform belajar memiliki program Bootcamp Digital Marketing untuk membantu kamu mengenal lebih dalam tentang search engine marketing ini. 

Buat kamu yang bekerja atau masih kuliah, nggak perlu khawatir karena kelas ini berlangsung live dan online setiap akhir pekan. Daftar sekarang juga sebelum kehabisan kuota ya!


Manfaat Search Engine Marketing


Lalu apa yang akan kamu dapatkan jika menggunakan strategi search engine marketing ini? 

MinDi mengumpulkan setidaknya ada sebelas manfaat search engine marketing yang bisa kamu gunakan untuk kelangsungan bisnis.


1. Peningkatan Visibilitas di Mesin Pencari


Salah satu manfaat utama search engine marketing adalah mampu meningkatkan visibilitas dalam hasil pencarian. Saat beriklan di mesin pencari, kamu bisa menampilkan iklan di halaman hasil pencarian ketika seseorang mencari kata kunci yang relevan dengan bisnismu. 

Ini meningkatkan peluang untuk mendapatkan klik dan mengarahkan trafik ke situs websitemu. Visibilitas ini akan sangat membantu terutama jika bisnismu masih baru dan belum banyak dikenal orang.


2. Mampu Menargetkan Audiens dengan Spesifik


SEM memungkinkan kamu untuk menargetkan audiens dengan sangat spesifik. Kamu bisa memilih siapa saja yang akan melihat iklanmu berdasarkan jenis kelamin, tempat tinggal, perangkat, hingga waktu akses iklan. 

Sehingga iklanmu hanya akan muncul pada orang yang memiliki ketertarikan dan memiliki peluang besar untuk membeli produk atau menggunakan jasamu.


3. ROI yang Menguntungkan


ROI atau return of investment adalah perbandingan antara keuntungan yang diperoleh dengan investasi yang dikeluarkan. ROI sendiri merupakan salah satu indikator keberhasilan kinerja dalam pemasaran bisnis.

Salah satu kelebihan dari SEM adalah kamu hanya perlu membayar saat ada orang yang mengklik iklanmu. Ini disebut sebagai "pay-per-click" atau PPC. Ini berarti kamu tidak perlu membuang-buang uang pada orang yang tidak tertarik.

Jika dikombinasikan dengan strategi targeting yang tepat, ROI dari SEM bisa sangat menguntungkan.


4. Anggaran yang Fleksibel


Manfaat search engine marketing yang keempat adalah kamu sendiri yang dapat menetapkan anggaran harian atau bulanan untuk kampanye SEM. Kamu juga bisa  menyesuaikannya kapan saja sesuai kebutuhan. 

Jika kamu melihat ada keyword tertentu yang memberikan hasil baik, kamu bisa meningkatkan budget Anda pada keyword tersebut, atau sebaliknya mengurangi budget jika tidak memberikan hasil yang diharapkan.


5. Mendapatkan Laporan Detail


Platform SEM seperti Google Ads menyediakan laporan detail tentang bagaimana kinerja dari iklanmu. Kamu bisa melihat berapa banyak orang yang melihat iklan, berapa banyak yang mengklik, apa yang mereka lakukan setelah mengklik, dan banyak lagi. 

Informasi semacam ini tentu ini sangat berharga untuk mencari tahu apa yang bisa dioptimalkan dan apa yang butuh diperbaiki untuk mendapatkan ROI dan hasil yang maksimal.


6. Memberikan Hasil yang Instan


Berbeda dengan SEO atau Search Engine Optimization yang memerlukan waktu untuk mendapatkan hasil, SEM bisa memberikanmu hasil trafik dengan instan. Sehingga SEM cocok untuk bisnis yang memerlukan peningkatan trafik dengan cepat.

Kamu bisa memasang iklan pagi ini dan mendapatkan trafik langsung di hari yang sama. Mantap sekali bukan? 


7. Membangun Brand Awareness


Selain mendatangkan trafik ke situs website, SEM juga membantu dalam membangun kesadaran merek atau brand awareness. Bahkan jika seseorang tidak mengklik iklanmu, mereka akan tetap melihatnya.

Semakin sering audiens melihat iklanmu, maka akan membantu mereka dalam membangun kesadaran dan mengingatkan mereka tentang merek bisnismu di masa depan.


8. Mengisi Kekurangan SEO


SEO adalah strategi jangka panjang yang penting dan lebih dipercaya oleh audiens. Namun membutuhkan waktu yang cukup lama hingga situsmu mampu muncul secara alami di halaman pertama pencarian.

Menggunakan strategi SEM bisa mengisi kekosongan ini dan memastikan bahwa bisnismu bisa tetap muncul di halaman pertama meski dengan iklan berbayar.


9. Mengambil Keuntungan dari Tren Terbaru


Mengingat dinamika dunia digital yang selalu berubah, SEM memberimu kesempatan untuk memanfaatkan tren terbaru. 

Misalnya, saat piala dunia berlangsung. Kamu bisa memanfaatkan kata kunci atau bahasan yang terkait dengan piala dunia untuk menarik perhatian audiens dan tetap terhubung dengan mereka.


10. Pencapaian Lokal


Untuk bisnis dengan fokus lokal, SEM dapat menjadi alat yang sangat efektif. Kamu bisa menargetkan iklan hanya untuk muncul bagi pengguna dalam area tertentu. Sehingga memastikan bahwa iklan hanya dilihat oleh audiens lokal yang relevan.

Misalnya kamu berjualan kue di Malang, maka iklanmu hanya akan dilihat oleh orang yang sedang berada di Malang saja. Orang Jakarta yang jauh dan tidak mungkin membeli kue di Malang tidak akan bisa melihat iklanmu. 


11. Keunggulan Kompetitif untuk Bisnis Pemula


Keunggulan kompetitif melalui SEM berarti kamu bisa langsung mendominasi ruang iklan mesin pencari sebelum pesaing muncul. 

Dengan tampil di halaman atas hasil pencarian, bisnismu bisa mendapatkan visibilitas yang lebih baik di mata konsumen, meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan klik dan konversi. 

Sehingga, bagi bisnis pemula bisa berkompetisi lebih awal dibandingkan  kompetitor yang belum memaksimalkan SEM

Banyak sekali manfaat search engine marketing yang bisa digunakan untuk kemajuan bisnis. Tak heran SEM menjadi salah satu alat pemasaran digital paling efektif saat ini.

Namun, seperti semua strategi, penting untuk terus memonitor dan mengoptimalkan kampanye bisnismu untuk agar berhasil dan menuai kesuksesan jangka panjang.

Dibimbing menyediakan Bootcamp Digital Marketing untuk membantu kamu memahami lebih mendalam mengenai search engine marketing dan aplikasinya dalam dunia digital marketing. 

Daftar sekarang dan dapatkan benefit berupa kesempatan untuk mengikuti career class dimana MinDi akan membantumu mendapatkan pekerjaan impian di perusahaan partner Dibimbing!


Share

Author Image

Nadia L Kamila

Nadia adalah seorang penulis yang berfokus pada pengembangan dan peningkatan keterampilan di tempat kerja. Ia punya passion yang tinggi dalam memberikan konten-konten edukatif terutama di topik-topik seperti carreer preparation dan digital marketing.

Hi!👋
Kalau kamu butuh bantuan,
hubungi kami via WhatsApp ya!