12 Kursus Digital Marketing Gratis & Bersertifikat Bagi Pemula

Muthiatur Rohmah

•

17 April 2024

•

102

Image Banner

Dalam era digital yang terus berkembang, kemampuan digital marketing merupakan skill yang penting bagi para profesional di berbagai industri. 


Saat ini, banyak platform maupun perusahaan edutech yang menyediakan pelatihan digital marketing gratis bersertifikat yang cocok untuk pemula.


Mengikuti kursus digital marketing memiliki banyak manfaat lho, selain menambahkan skill dan kemampuan, kursus atau pelatihan tersebut dapat dicantumkan pada CV untuk meningkatkan personal branding diri sendiri.


Yuk simak rekomendasi kursus digital marketing gratis dan bersertifikat versi MinDi yang dapat kamu ikuti agar skill dan kemampuan digital marketing meningkat.



Rekomendasi Kursus Digital Marketing Gratis & Bersertifikat



Kursus digital marketing sangat penting dalam membangun dan meningkatkan kemampuan pemasaran di era digital saat ini. 


Dengan dunia yang semakin canggih, memiliki keterampilan digital marketing yang solid membantu individu dan bisnis untuk mencapai target audiens secara lebih efektif dan efisien. 


Kursus digital marketing mengajarkan strategi untuk meningkatkan visibilitas online melalui SEO dan SEM, analisis data dan pemasaran konten untuk mengoptimalkan kampanye. 


Pelatihan digital marketing merupakan investasi yang berharga untuk membuka peluang pekerjaan baru serta mengembangkan strategi pemasaran yang lebih inovatif dan efektif.


Yuk simak rekomendasi pelatihan digital marketing gratis bersertifikat yang cocok bagi pemula.


1. Digital Skill Fair Dibimbing.id




Dibimbing.id adalah platform pembelajaran dan persiapan karir digital yang menyediakan pelatihan skill untuk menyiapkan keterampilan digital yang sangat dibutuhkan industri pada saat ini. 


Melalui program digital skill fair, dibimbing.id secara rutin memberikan kesempatan kalian untuk belajar digital skill secara gratis melalui zoom. Program ini memiliki banyak spesifikasi kursus, salah satunya adalah digital marketing yang mencakup berbagai keahlian.


Lalu apa saja yang dipelajari dalam kursus digital marketing gratis dibimbing.id?


Dalam program digital skill fair, dibimbing.id kembali membuka kursus digital marketing gratis yang dapat diikuti siapa saja, dengan berbagai materi sebagai berikut!


  • Career class and introduction relevant career

  • Digital marketing fundamental material

  • Content research and planning

  • Content writing and copywriting

  • Alumni sharing: The Journey of Portfolio Building

  • Assignment study case for portfolio building

  • Dive deep into your CV + Linkedin Profile and portfolio review



2. Google Digital Garage (Digital Marketing Course)


Google menawarkan kursus pemasaran digital yang komprehensif melalui platform Google Digital Garage. 


Kursus ini mencakup berbagai topik mulai dari dasar-dasar SEO, pemasaran konten, hingga analitik web. Setelah menyelesaikan kursus ini, peserta dapat mengikuti ujian untuk mendapatkan sertifikat yang diakui secara internasional dari Google.



3. HubSpot Academy - Digital Marketing Course


Source: academy.hubspot.com


HubSpot Academy menawarkan berbagai kursus gratis yang mencakup topik-topik seperti inbound marketing, content marketing, dan strategi media sosial. 


Kursus digital marketing hubspot academy dirancang untuk membantu pemasar mengoptimalkan strategi digital mereka dan kursus tertentu memberikan sertifikat setelah menyelesaikan ujian.



4. Facebook Blueprint


Source: facebook.com/business/learn


Facebook Blueprint menyediakan pelatihan online gratis untuk pengiklan yang ingin memanfaatkan platform Facebook untuk bisnis mereka. 


Kursus ini meliputi berbagai aspek pemasaran di Facebook dan Instagram, termasuk cara membuat iklan, analisis data, dan pembuatan konten. Peserta dapat mendapatkan sertifikasi resmi setelah lulus ujian yang diberikan.



5. Coursera - Digital Marketing Specialization


Coursera menyediakan kursus digital marketing gratis namun membebankan biaya untuk sertifikat, Melalui kursus ini, kamu dapat mengakses semua materi kursus secara gratis dan hanya membayar jika menginginkan sertifikat. 


Kursus digital marketing ini dibuat oleh University of Illinois dan mencakup berbagai aspek digital marketing termasuk analisis data, platform sosial, dan SEO.



6. EdX - Digital Marketing Fundamentals


EdX menawarkan kursus digital marketing yang mencakup strategi pemasaran digital, analitik untuk digital marketers, serta pengelolaan kampanye. 


Sama seperti Coursera, akses ke materi kursus Edx bersifat gratis, tetapi jika menginginkan sertifikat memerlukan biaya tambahan.


Baca Juga: 25 Istilah dalam Digital Marketing, Marketer Wajib Tahu!




7. SEMrush Academy


SEMrush sebagai alat SEO dan digital marketing yang populer, menawarkan SEMrush Academy dengan berbagai kursus gratis yang mencakup SEO, content marketing, PPC, dan media sosial. 


Setiap kursus akan terselesaikan dengan ujian, dan setelah lulus, peserta akan mendapatkan sertifikat yang diakui industri.



8. LinkedIn Learning - Become a Digital Marketing Specialist


LinkedIn Learning menawarkan kursus untuk menjadi spesialis digital marketing, meliputi topik seperti SEO, Google Analytics, dan pemasaran melalui media sosial. 


Meskipun biasanya memerlukan langganan, LinkedIn sering menawarkan bulan pertama gratis yang bisa digunakan untuk menyelesaikan kursus digital marketing dan mendapatkan sertifikat.



9. Google Analytics Academy


Source: analytics.google.com/analytics/academy/


Google menyediakan kursus gratis tentang cara menggunakan Google Analytics, salah satu alat analisis data yang paling penting untuk digital marketing. 


Kursus ini termasuk Google Analytics for Beginners, Advanced Google Analytics, dan Google Analytics for Power Users, kamu dapat memperoleh sertifikat setelah menyelesaikan setiap kursus.



10. Codecademy - Make a Website


Codecademy menawarkan kursus digital marketing gratis yang mengajarkan dasar-dasar pembuatan website, yang berguna untuk digital marketer yang ingin mengerti cara mengoptimalkan website dan SEO. 


Peserta kursus codecademy akan mendapatkan sertifikat setelah menyelesaikan kursus digital marketing gratis ini.



11. Moz Academy


Moz academy, terkenal dengan alat dan sumber daya SEO-nya, menawarkan beberapa kursus digital marketing gratis yang membahas aspek penting SEO. 


Dengan kode promosi yang tepat, kursus tertentu bisa diakses secara gratis dan peserta dapat memperoleh sertifikat setelah menyelesaikan kursus.



12. Saylor Academy - Digital Marketing


Saylor academy adalah platform pendidikan non-profit yang menawarkan kursus gratis tentang digital marketing yang mencakup teori dan praktek digital marketing, termasuk analisis pasar dan strategi media sosial. 


Saylor academy mengeluarkan sertifikat yang diakui untuk peserta yang menyelesaikan kursus ini hingga akhir.


Beberapa kursus digital marketing gratis ini menawarkan kesempatan yang sangat baik bagi siapa saja yang ingin memulai dan meningkatkan kemampuan digital marketing secara efektif dan efisien.


Kursus digital marketing gratis ini, akan menambah nilai signifikan pada CV kamu sehingga membantu dalam pengembangan karir dalam ranah digital marketing.


Baca Juga: Kursus Social Media Specialist Gratis! Jangan Sampai Kelewatan!


Jika Sobat MinDi ingin mengikuti bootcamp digital marketing yang lebih intensif dan profesional, kamu dapat memilih dibimbing.id sebagai bootcamp digital marketing terbaik.


Yuk ikuti bootcamp digital marketing dibimbing.id, dengan pembelajaran intensif dan inovatif, dibimbing.id siap bantu wujudkan mimpimu sebagai digital marketer yang sukses dan profesional.


Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri di sini ! lalu nikmati layanan job connect dengan ratusan perusahaan ternama setelah lulus bootcamp. Jangan khawatir, apapun tujuan karirmu, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi skill dan potensi Anda.

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.