Iklan Online: Pengertian, Manfaat, Contoh Platformnya

Dibimbing.id

•

20 June 2024

•

1429

Image Banner

Di era digital yang serba cepat seperti sekarang, iklan online menjadi salah satu elemen penting dalam strategi marketing. Iklan online memungkinkan pelaku bisni untuk menjangkau audience yang lebih luas sekaligus relevan. Tentunya, ini akan membuka peluang meningkatkan keuntungan untuk bisnis. 

Masalahnya, kini iklan begitu banyak bermunculan dan malah mengganggu pengguna. Banyak kemudian orang tidak suka jika ada iklan yang muncul ketika mereka sedang mengonsumsi suatu konten. 

Maka dari itu, iklan online harus tepat sasaran agar dapat menjangkau target yang relevan. Sehingga, iklan dapat berjalan dan efektif dan mendatangkan keuntungan.   

Lantas bagaimana cara agar iklan online dapat bekerja dengan efektif? Simak penjelasannya pada artikel ini!

Apa itu Iklan Online?

Iklan online atau online advertising adalah proses mempromosikan produk, layanna, atau pesan melalui platform dan jaringan internet. 

Dalam era digital, iklan online menjadi elemen yang krusial dalam strategi marketing. Mengapa begitu? Hal ini dikarenakan begitu banyak orang yang menghabiskan waktu secara online.

Iklan online dapat muncul dalam berbagai bentuk. Mulai dari iklan yang muncul pada situs web, iklan yang muncul saat menggunakan melakukan pencarian di Google, atau iklan di media sosial Facebook, Instagram, dan TikTok. 

Platform iklan online memungkin konten dilihat oleh lebih banyak audience. Biasanya, pengiklan dapat menargetkan iklan mereka berdasarkan aspek geografis, minta, demografi, dan kata kunci tertentu.

Dengan begitu, iklan online dapat menyampaikan konten atau pesan kepada target audience yang relevan. Tentunya, ini juga dapat meningkatkan peluang konversi dan keberhasilan marketing campaign melalui iklan online.

Tak sebatas itu, iklan online juga menawarkan berbagai manfaat lainnya untuk bisnis. Kamu dapat memahami apa saja manfaat iklan online untuk bisnis pada bagian berikut ini!

Manfaat Iklan Online untuk Bisnis

Berikut adalah beberapa manfaat utama dari iklan online untuk bisnis:

1. Jangkauan yang Luas

Internet mencapai berbagai belahan dan sudut dunia, iklan online memungkinkan bisnis untuk menjangkau audience yang global. 

Iklan online tentunya dapat diakses oleh jutaan orang di berbagai wilayah dan negara. Hal ini akan membuka peluang untuk memperluas pasar dan potensi pertumbuhan bisnis.

2. Bisa Menargetkan Audience

Salah satu keunggulan utama iklan online adalah fitur target audience yang dimilikinya. Menggunakan fitur ini, pengiklan bisa menargetkan audience dengan spesifik berdasarkan demografi, preferensi, ataupun habit mereka. 

Menargetkan audience ini bertujuan untuk menampilkan iklan hanya keypad orang-orang yang relevan dengan produk yang ditawarkan. Pada akhirnya, ini akan membantu meningkatkan efisiensi campaign dan menghindari over budget dalam anggaran iklan. 

3. Data dan Analisa yang Mendalam

Iklan online seperti Facebook Ads dilengkapi dengan analytics tools atau alat analitik yang kuat untuk mengukur kinerja iklan.

Dengan tools tersebut, pengiklan dapat melihat jumlah klik, konversi, engagement rate, dan berbagai data lainnya. Data-data tersebut dapat dianalisis untuk menghasilkan informasi dalam memahami seberapa efektif marketing campaign yang telah dilakukan.

4. Kreativitas dan Inovasi

Salah satu keunggulan iklan online adalah memungkinkan kamu untuk membuat iklan dalam format yang kreatif dan inovatif. Pengiklan dapat dengan bebas menggunakan gambar, vide, tekas, ataupun elemen multimedia lainnya. 

Dengan iklan yang menarik dan unik, tentunya akan menarik perhatian pengguna sekaligus bisa memberi ciri khas bisnis dibandingkan kompetitor.  


Rekomendasi Platform Iklan Online


Setelah memahami apa itu iklan online dan apa saja manfaatnya untuk bisnis, mungkin kamu akan bertanya-tanya ‘platform iklan online mana yang bisa membantu mengoptimalkan iklan saya?‘

Platform iklan online Adsumo adalah solusi yang bisa kamu andalkan dalam mengelola dan mengoptimalkan campaign iklan agar lebih efisien. Dengan Adsumo, kamu tidak hanya mendapat akses penuh terhadap analytics tools untuk mendapatkan berbagai data, tetapi Adsumo juga memberi dukungan penuh untuk mencapai goals marketing bisnis.

Nah, bila kamu menjalankan di Facebook Ads, akun whitelist Facebook akan menjadi solusi yang tepat untuk tantangan ini. 

Akun whitelist Facebook adalah akun iklan yang telah disetujui Facebook untuk menggunakan fitur tertentu yang tidak tersedia untuk akun iklan biasa. Akun whitelist Facebook juga memiliki manfaat tambahan seperti kemungkinana akun diblokir lebih rendah serta memungkinkna iklan tampil lebih tinggi di hasil pencarian. 

Intinya, akun whitelist Facebook memungkinkna kamu untuk beriklan lebih mudah, cepat, dan menjangkau pasar yang lebih luas. 

Ini cocok bila kamu mengalami kesulitan berjalan karena keterbatasan budget ataupun khawatir dengan keamanan transaksi saat beriklan. 

Berikut adalah beberapa keunggulan yang akan kamu dapatkan bila menggunakan Adsumo sebagai platform iklan online bisnismu!

Real-Time Analytics

Memantau kinerja iklan secara langsung dengan data yang detail adalah kunci utama dalam pembuatan keputusan yang tepat dalam strategi marketing bisnis. 

Dengan menggunakan Adsumo, kamu bisa mengakses data real time dari iklan yang akan membantu dalam menganalisis seberapa efektif iklan tersebut. 

Dengan begitu, bila dibutuhkan penyesuaian, kamu bisa dengan cepat melakukan perubahan sehingga performa iklan jadi lebih efektif.

Riset Audience

Salah satu manfaat utama iklan online adalah kemampuannya menggaet audience yang luas. Agar lebih optimal, kamu harus melakukan penargetan agar konten iklan dapat relevan dengan calon pelanggan. 

Adsumo memanfaatkan data dan bantu mengoptimalkan riset audience, sehingga iklan bisnis dapat ditampilkan kepada mereka yang berpotensi untuk membeli bisnis kamu. Pastinya ini akan sangat berpengaruh terhadap peningkatan keuntungan bisnis kamu!

Optimasi Iklan Online Berkelanjutan

Optimalisasi campaign iklan tidak bisa dilakukan hanya dalam satu kali, melainkan ini merupakan proses yang harus terus berlanjut.

Adsumo memanfaatkan algoritma untuk melakukan pengoptimalan otomatis untuk meningkatkan performa iklan. Seiring berjalannya iklan, ini akan memaksimalkan Return of Investment (ROI) dari setiap anggaran iklan yang sudah dikeluarkan. 

Kesimpulan


Nah, itulah pengertian iklan online, manfaat dan contoh platformnya. Jika kamu ingin belajar lebih dalam tentang cara membuat iklan online yang efektif, yuk daftar ke bootcamp digital marketing kami! 

Di bootcamp digital marketing Dibimbing, kamu akan mempelajari semua yang perlu kamu ketahui untuk menjadi ahli dalam dunia pemasaran digital. 

Di sini, kamu akan diajarkan semua hal yang berkaitan dengan pemasaran digital. Mulai dari dasar hingga praktik dengan proyek kasus nyata.

Program ini juga dirancang dengan kurikulum yang mudah dipahami bagi pemula. Jadi, kamu dijamin dapat mengikuti kelasnya meski baru belajar dari nol.

Selain itu, program ini juga memberikan jaminan pekerjaan bagi pesertanya. Ini sudah dibuktikan oleh 94% lulusan Dibimbing yang berhasil mendapatkan pekerjaan setelah program selesai.

Tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang keahlian pemasaran digital? Yuk, daftarkan dirimu di sini dan bangun kemampuan digital marketing bersama Dibimbing.id!

Nah, kalo kamu tertarik beriklan menggunakan akun whitelist Facebook Ads? Kamu bisa percayakan seluruh urusan periklanan Facebook Ads bisnis kepada Adsumo!

Kamu beriklan lebih mudah dengan sewa akun whitelist Facebook di Adsumo. Dengan ini, kamu bisa menjalankan marketing campaign yang lebih efektif dan efisien.

Dengan Adsumo, kamu dapat beriklan dari agensi berbasih di Hong Kong, yang sudah menjadi mitra resmi Facebook. Sehingga, reputasinya sudah jelas aman dan terpercaya.

Disamping itu, kamu juga akan mendapat layanan support premium yang memastikan penyelesaian masalah saat itu juga bila mengalami kendala saat beriklan.

Untuk sewa akun whitelist Facebook di Adsumo juga relatif murah, kamu tidak perlu mengocek kantong hingga jutaan rupiah untuk investasi bisnis yang lebih baik. 

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang sewa akun whitelist Facebook di Adsumo kamu bisa kunjungi halaman ini!

Jangan lewatkan kesempatan untuk meraih kesuksesan dalam strategi marketing bisnismu! Kunjungi Adsumo dan mulai perjalanan baru untuk hasil iklan yang lebih efektif. Adsumo siap menjadi partner bisnis dalam beriklan dan membawa dampak positif untuk bisnismu!

Share

Author Image

Dibimbing.id

dibimbing.id mendukung penuh para pemilik growth mindset untuk selalu mengembangkan diri melalui belajar online dan berkarier!