Kolaborasi Strategis: Dibimbing.Id dan Kampus Merdeka dalam Mencetak Talenta Masa Depan

Dibimbing.id

27 May 2024

349

Image Banner

Minat menggali potensi diri sebelum terjun ke dunia pekerjaan? Kalian bisa bergabung dengan program kolaborasi strategis Dibimbing.Id dengan Kampus Merdeka ini! 


Di artikel ini, 6 mahasiswa dari berbagai kampus dan jurusan akan berbagi pengalaman mereka mengikuti program magang dan studi independen Dibimbing.Id X Kampus Merdeka!



Sekilas tentang Kampus Merdeka X Dibimbing.Id?



Gimana sih rasanya bergelut di dunia kerja?

Belum ada pengalaman kerja? Atau mau menambah pengalaman kerja?

Persiapan karir?

Kampus Merdeka X Dibimbing.Id solusinya!

Program apa itu?


Yups, artikel ini akan menjawab semua pertanyaan kamu. Di sini juga ada testimoni langsung dari enam mahasiswa yang udah pernah ikut Program Dibimbing.Id X Kampus Merdeka. 


Mereka dari prodi dan kampus yang berbeda-beda dan pastinya bisa kasih insight berbagai posisi di Dibimbing.Id sesuai dengan yang mereka ambil!

Scroll down yuk buat tau apa sih program Kampus Merdeka!


Kampus Merdeka (KM) itu salah satu kebijakan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendibudristek RI) yang memberikan kesempatan mahasiswa/i untuk eksplor belajar di bidang yang mereka minati di luar kampusnya.


Kebijakan ini memberikan kesempatan mahasiswa/i untuk langsung mencoba dunia kerja sebagai bekal karir di masa depan.


Kampus Merdeka menyediakan berbagai macam program, seperti magang, studi independen, pertukaran mahasiswa merdeka, hingga Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA).


Kalian bisa pilih salah satu program dengan maksimal mengikutinya dua kali. Program ini gratis alias dibiayai 100% oleh pemerintah sekaligus bisa dikonversi ke mata kuliah yang diambil, bahkan bisa lebih dari 20 SKS lho!


Gimana, tertarik?



Siapa aja yang Bisa Ikut Program Kampus Merdeka?



Kamu mungkin bertanya-tanya, program ini ditujukan untuk siapa aja sih? Apa aja persyaratannya dan gimana alur pendaftarannya?


Well, bagi kamu yang sesuai dengan kualifikasi di bawah ini, bisa banget langsung join program KM. Berikut merupakan kriteria mahasiswa yang bisa mengikuti program Kampus Merdeka.

  • Mahasiswa/i aktif di semester 5-7, dari semua jurusan dan semua asal kota

  • Minimal semester 5 bulan Agustus ini

  • IPK minimal 3.0


Alur pendaftarannya gak ribet-ribet kok, nih:

  1. Masuk ke website kampus merdeka

  2. Bikin akun dan daftarkan dirimu

  3. Isi detail informasi akun

  4. Masukkan data-data yang diperlukan

  5. Lakukan pengecekan apakah data sudah sesuai atau belum. Jika sudah, klik “selanjutnya”. Jika belum, Mahasiswa bisa memeriksa data di laman PDDIKTI atau bisa melaporkan ke administrasi perguruan tinggi.

  6. Aktivasi akun 

  7. Eksplor laman Kampus Merdeka sesuai dengan program yang ingin kamu ambil

  8. Menjalani proses screening sesuai dengan bidang dan/atau perusahaan yang kamu pilih


Informasi selengkapnya bisa dicek di laman Kampus Merdeka langsung yups! https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program 



Apa aja Program Kampus Merdeka di Dibimbing?



Dari sekian banyak program yang disediakan oleh Kampus Merdeka, Dibimbing.Id bekerja sama dengan program Studi Independen dan magang Merdeka. 


Magang Kampus Merdeka/ Magang MSIB adalah program magang yang diawasi langsung oleh Kemendikbudristek selama 1 (satu) semester untuk mendapatkan pengalaman kerja dan pengetahuan tentang praktik terbaik dari industri yang kamu minati! 


Dari kolaborasi Dibimbing.Id X Kampus Merdeka ini, kamu bisa langsung memilih posisi yang ingin dijelajahi. Temukan potensi dirimu, perkaya portofolio, dan perbanyak relasi kamu di sini


Kamu bisa langsung daftar di akun Kampus Merdeka dan langsung menuju perusahaan PT Dibimbing Digital Indonesia untuk melihat detail persyaratan yups!



Studi Independen Kampus Merdeka


Nah, kalau studi Independen ini adalah program yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari kompetensi yang spesifik dan praktis langsung dari para pakarnya selama 1 (satu) semester melalui aktivitas pembelajaran dan praktik langsung.


Di kolaborasi Studi Independen Dibimbing.Id X Kampus Merdeka ini, kamu bisa belajar tentang Business Intelligence, Data Warehousing, dan Performance Marketing lho! Studi Independen Dibimbing.Id ini dilakukan secara online yaa. Bisa dipilih-pilih dulu tuh di website Kampus Merdeka!


FYI, jika kamu mengambil program Studi Independen di Dibimbing.Id ini, beberapa benefit yang bisa kamu dapatkan adalah: 

  1. Bootcamp gratis

  2. Sertifikat internasional

  3. Konversi minimal 20 SKS



MinDi kasih tau spesifik yang akan Kamu Pelajari di Studi Independen



1. Business Intelligence


Di sini kamu akan belajar proses mengumpulkan, menganalisis, dan menyajikan informasi bisnis yang relevan. 


Di program ini, kamu ini akan memperoleh kesempatan untukmu mendapatkan ilmu, pengalaman, hands-on practice, hingga penyusunan portofolio dengan bimbingan langsung oleh mentor expert!! 


Kalian juga akan dapat sertifikat kelulusan sekaligus sertifikat IT Specialist - Database. Gas join!


MinDi kasih tau materi yang akan kamu pelajari di Business Intelligence, yuk simak!

  1. Introduction to Data and Business Intelligence

  2. Data Governance

  3. Statistics for Analysis

  4. SQL

  5. Data Warehouse

  6. ETL (Extract Transform Load)

  7. Python for Data Analysis

  8. Data Visualization

  9. BI Case Studies

  10. Soft Skill

  11. Final Project


Kamu bisa langsung cek di sini yaah. 



2. Data Warehousing


Namanya juga data, pasti fokusnya ya ke data. Nanti kalau kamu ambil Studi Independen bidang Data Warehousing, kamu akan belajar mengumpulkan, menata, hingga mengkonversi data menjadi sebuah informasi yang berguna untuk data scientist dan business analyst untuk diterjemahkan menjadi sebuah insight untuk bisnis.


Kalian juga akan diberikan assignment yang menunjang kemampuan Data Warehousing. Bukan cuma itu, kalian juga akan dapat sertifikat kelulusan sekaligus sertifikat IT Specialist - Database seperti Business Intelligence di atas lho!


Kalo Data Warehousing ini, materi yang dipelajari ada:

  1. Pengenalan Pemrograman Python

  2. Persiapan Data Menggunakan Python

  3. Penggunaan GIT

  4. SQL

  5. Data Warehouse

  6. ETL (Extract Transform Load)

  7. ETL with Python Airflow

  8. Cloud

  9. Basic Concept Batch & Stream

  10. Web Scraping

  11. Dasar Data Warehousing

  12. Data Governance

  13. Soft Skill

  14. Final Project


Gas daftar langsung di link ini!



3. Performance Marketing


Kalo di sini singkatnya kalian akan belajar tentang proses melakukan planning, setup, running, optimasi hingga analisis hasil campaign Meta Ads dan Google Ads. Kalian bisa dapat sertifikat kelulusan dan sertifikat Digital Marketing Associate by Meta juga lohh!


Nah, Materi yang akan kalian pelajari adalah:

  1. Introduction to Performance Marketing

  2. Performance Marketing Foundation

  3. Landing Page

  4. Ads Tracking

  5. Google Ads

  6. Social Media Ads Content Creation

  7. Social Media Ads

  8. Ads Analysis & Reporting

  9. Soft Skill

  10. Final Project


Buat kamu yang mau daftar Data Warehouse, yuk buruan daftar disini.



Testimoni Student Program Studi Independen Kampus Merdeka



1. Amelia Syafrezani Idzham - Business Intelligence


Amelia Syafrezani Idzham


Halo semuanya!!


Aku Amelia dari Universitas Negeri Surabaya Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Aku bersyukur banget karena jadi salah satu peserta Studi Independen Bersertifikat Batch 6 di Dibimbing.Id pada bidang Business Intelligence. 


Disini aku banyak belajar hal baru tentang Business Intelligence, meskipun aku dari jurusan non IT tapi disini bener-bener diajarin dari dasar banget mulai dari pengenalan business intelligence, bagaimana proses etl, cara membuat query sql, dan cara memvisualisasikan data. 


Di setiap materi itu, ada tutornya yang ngejelasin materi dengan sangat jelas dan mudah dimengerti. 


Selain itu, juga ada mentornyaa lohh dan mentornya ini sangat berpengalaman di bidang BI jadi setiap mentoring itu kita selalu bisa tanya-tanya lebih dalam tentang BI ke mentornya dan kalo dirasa aku kesusahan dalam pengerjaan project nanti juga bisa diberikan penjelasan lagi sama mentornya. 


Project-project yang diberikan juga sangat membantu menguji pemahaman kita tentang BI dan dari project itu aku jadi lebih paham sama materi yang diberikan. 


Yang terakhir, tentunya ada Class Manager yang sangat sabar dan informatif ke semua peserta jadi kita kalo ada kendala apapun pasti dibantu sama CM kitaa.


Terima kasih Dibimbing.Id atas ilmu dan wawasan barunya selama 4 bulan yang sangat berkesan inii♡♡♡



2. Chika Cardealfitri - Data Warehouse


Chika Cardealfitri


Haii teman-teman✨


Aku Chika dari Universitas Satya Negara Indonesia jurusan Teknik Informatika. Aku bersyukur banget menjadi bagian dari peserta Studi Independent Bersertifikat Batch 6 di Dibimbing.Id, pada bidang Data warehouse. 


Dari sini aku dapat belajar banyak hal gak cuma tentang materi saja seperti pengenalan Yang berisikan Konsep Data Warehouse , Design Data Warehouse, OLAF, DWH Terdistribusi sampai dengan diajarkan nya bagaimana cara kita untuk melakukan sebuah negosiasi dalam bisnis dan membuat CV yang baik dan benar. 


Menurutku dari semua mentor  sangat teliti dan baik dalam menjelaskan materi. Dari penjelasan mereka dalam menerangkan sebuah materi membuat kita lebih mudah untuk memahami materi tersebut. 


Selain itu, Sistem silabus dan LMS yang sangat baik tersusun dengan rapih dan dibuat dengan design yang lucu sehingga memudahkan kita sebagai peserta studi independent dalam mendownload materi, melakukan absensi, dan peng-upload-an tugas. 


Keceriaan dari seluruh para Mentor, maupun Moderator dan Class Manager sangat membantu mood kami yang setiap hari harus dibangkitkan untuk lebih giat dan rajin lagi dalam mengikuti studi independent ini rasanya membuat tidak bosan, karena selalu ada hal-hal lucu dan menarik di setiap pertemuannya. 


Dan yang paling lucu lagi, ketika comment section dimulai atau sesi Q&A kita dibebaskan utk bertanya dan akan dijawab oleh mentor jika dari kita ada yang masih belum mengerti. 


Belum lagi weekly mentoring, inisih sesi terlucu menurutku karena selain kita bisa membahas tugas atau memastikan memahami materi yang sebelumnya kita pelajari. 


Kita juga sering banget saling bertukar cerita , bertukar pikiran dan pendapat jadi gak cuma belajar tentang data warehouse tapi juga belajar tentang pengalaman hidup masing-masing dan goals untuk tujuan selanjutnya. 


Dari Studi Independent ini aku gak cuma mendapatkan hal-hal yang kesebut di atas. Tapi, aku juga mendapatkan teman-teman baru yang seru, asik, dari berbagai daerah dan saling support


Aku harap dari pertemuan di Studi Independent Bersertifikat ini kita bisa saling tetap menjaga silaturahmi dan bisa menjadi kawan baik mulai dari sekarang sampai seterusnya nanti.


Semogaa ada pertemuan besar dari Dibimbing.Id untuk pertemuan Peserta Studi Independent Bersertifikat Batch 6 ini , karena meskipun aku baru kenal mereka tapi rasanya sudah seperti Sahabat lama❤️


Terimakasih Dibimbing.Id dan Para Mentor serta Class Manager, aku berharap semoga Dibimbing.Id tetap menjadi Mitra terbaik untuk para peserta MSIB selanjutnya dan untuk para Mentor serta Class Manager semoga bisa tetap terus memberi hal-hal baik dan Semangat yang Luar Biasa❤️



Testimoni Student Program Magang Kampus Merdeka



1. Zhafar Akmal - Event Community


Zhafar Akmal


Aku Zhafar Akmal, S1 Manajemen dan Kebijakan Publik Universitas Gadjah Mada (UGM). Ikut magang Dibimbing X Kampus Merdeka posisi Community Engagement (Event).


Pertama kali aku tau program ini dari IG, cari HR Community atau policy analyst. Setelah diterima, aku jadi lebih tau Dibimbing.id dan jobdesc dari posisi yang aku ambil.


Sebagai anak Event, aku handle event-event online, mengurus absensi, plotting zoom, membuat form konseling, koordinasi dengan teman-teman sales, koordinasi buat cari moderator sekaligus topiknya. 


Selanjutnya aku juga koordinasi dengan Learning Design terkait TOR dan kesepakatan dengan mentor alumni, membuat deck event, membuat voucher bootcamp, hingga mengurus tugas peserta event.


Pengalaman yang paling berkesan adalah ketika aku pertama kali masuk dan merasakan culture shock dengan alur dunia kerja. Sometimes suntuk dan burnout, tapi dibalance oleh mentor yang sering mengajak ngobrol dan bercanda. Suasana kerjanya jadi enak.


Salah satu hal yang paling seru selama magang di sini adalah saat event bukber, karena di situ aku ikut bantu ngobrol dengan alumni student bootcamp sekaligus belajar menjual produk secara langsung.


Selain keseruan, juga ada struggle selama magang di sini. Contohnya seperti koordinasi dengan stakeholder yang terkadang tidak sesuai ekspektasi. Tapi dari situ aku jadi bisa belajar memberikan solusi melalui kemampuan manajerial dan komunikasi dengan berbagai stakeholder tersebut.


Ini linier dengan karir yang aku harapkan. Aku ada minat ke dunia HR atau policy analyst. Aku belajar banyak tentang komunikasi, kemampuan manajerial, pelajaran HR Compliance, hingga government relation.



2. Dyah Varlin Yuliana - PO Bootcamp


Dyah Varlin Yuliana


Halo semuanya! Aku Dyah Varlin Yuliana biasa dipanggil Dyah, S1 Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Jakarta semester 8. 


Aku ikut program magang Dibimbing.Id X Kampus Merdeka dan ambil posisi Project Officer Bootcamp.


Aku tau program ini dari situs resminya Kampus Merdeka. Jadi aku emang sengaja daftar MSIB dan kebetulan pada saat itu Dibimbing.Id provide banyak posisi, salah satunya PO Bootcamp. Jadi yaudah deh aku daftar, terus lolos sebagai mahasiswa intern deh!


Kerjaan sehari-hariku di sini secara garis besarnya itu riset produk bootcamp yang dimana cara ngerisetnya itu stalking, haha


Pengalaman yang paling berkesan sejauh ini adalah waktu aku dan partner satu divisi presentasi hasil riset dan rencana produk baru di hadapan fulltimer dan c-level alias CEO dan COO. Karena vibesnya itu kayak lagi sidang skripsi haha mulai dari tanggepin pertanyaan sampe pertahanin rencana produk.


Hal yang seru selama magang di sini adalah setiap bulan itu selalu ada event internal yang diadain sama tim HR. Isi kegiatannya padet banget dan ada kesempatan buat tambah relasi sama temen-temen divisi lain. 


Selain itu, tim B2C di ruangan aku (ruangan Halmahera) juga kadang suka ada kegiatan makan-makan sepulang ngantor di luar.

Kalau kesulitan yang aku rasain sejauh ini adalah di finpro (final project), karena yang bisa handle cuma aku sendiri jadi udah dibagi kerjaan buat masing-masing anak di divisi aku.


Sejauh ini, persiapan karir yang aku jalanin itu lebih ke flow kerja sih, seperti proses adaptasi di bidang yang beda sama background prodiku. 


Jadi walaupun nanti kedepannya aku bakal switch career (keluar dari field Pendidikan alias ngajar), aku masih punya opsi lain yaitu di edutech.



3. Jessica Donnyson - Copywriter


Jessica Donyson


Hi, aku Jessica Donnyson S1 Sastra Inggris Universitas Indonesia. Aku ikut program magang posisi Copywriter di Dibimbing.Id.


Aku tahu program ini dari instagram. Kerjaan aku sehari-hari mencari ide konten, membuat brief (referensi, desain), sampai membuat copy (script). 


Hal yang paling berkesan sejauh ini adalah bertemu teman baru dan bonding dari tim internal yang sangat terasa. 


Keseruan selama kerja di sini adalah memikirkan ide konten bersama teman, yang seringnya nemu ide di saat yang tidak diperkirakan, seperti saat sedang menaiki transportasi umum. Di kantor udah cari ide gak nemu-nemu, eh di perjalanan pulang malah nemu. Lucu!


Kesulitan selama ikut program magang ini adalah mencari ide, karena copywriter ini banyak banget task memikirkan konten. Bukan cuma itu, kita juga harus bisa mempertahankan konten agar gak tenggelam atau basi. Solusi yang aku lakukan sih competitor benchmarking ya.


Dari awal, aku emang sudah nyasar hal yang berhubungan dengan sosial media, karena aku pengen jadi socmed specialist. Jadi magang dan belajar di sini sangat linier dengan karir yang aku inginkan kedepannya.



4. Shauma Dhiyaa Hayuu - Sosial Media


Shauma Dhiyaa Hayuu


Halo, aku Shauma Dhiyaa Hayyu S1 Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nuswantoro. Ikut program magang posisi Social Media Intern di Dibimbing.id. Aku tau program ini dari TikTok.


Kegiatan sehari-hariku adalah membuat story plan, desain, revisian, hingga monthly report. 


Hal yang paling berkesan adalah waktu pertama kali masuk magang, langsung dikasih analisis banyak akun, membuat story plan sehari 2-3 konten. Setiap akun harus selesai seminggu. 


Membuat 100 konten seminggu dan desain (tapi desain ini hanya weekend). Program magang ini seru karena bonding sama temen-temennya kuat, kalo lagi pusing, pusing bareng hahaha. 


Pernah bikin deck buat client, itu juga seru. Kesulitannya itu ada di nentuin style desain yg bagus sih, tapi aku punya solusinya yaitu ngobrol sama mentor!


Program magang yang aku ambil ini sedikit linier dengan karir yang akan aku fokuskan ke depan,  masih ada dalam ranah digital marketing ya bisa dibilang.



5. Laurrie F.K - People Development


Laurrie FK Nope


Gua Laurrie F. K. Nope S1 PJJ Manajemen Universitas Siber Asia. Magang posisi People Development & Internal Engagement (HR) di Dibimbing.id. Gua tau program ini dari website Kampus Merdeka langsung.


Di sini kerjaan gua mengurus internal. Memikirkan event yang engage, gimana caranya biar temen-temen bisa kenal satu sama lain, bikin raport, survei ke perusahaan lain terkait kepentingan event internal, ENPS (employee net promotor score), membuat laporan seluruh feedback yang didapat dan melakukan improvement, jadi tempat curhat anak-anak magang, people oriented (harus bisa mengerti orang lain).


Pengalaman paling berkesan bagi gua saat menyelenggarakan event internal yang harus engage, karena masing-masing orang pemikirannya berbeda. Salah satu hal yang gua suka adalah ada anak yang pendiam, tapi sekarang akhirnya kita bisa hangout bareng. 


Karena gua ngurus internal, kerjaannya suka ngobrol sama orang, engage sama orang, menyesuaikan dengan karakteristik orang, energy ke-charge dari situ. Tapi ada satu kelemahan gua, yaitu kalau berkaitan dengan angka kurang bisa. Solusinya dibagi tugas sama partner satu divisi, aman!


Sebuah tantangan juga ketika gua harus cepat dalam memberikan solusi bagi permasalahan orang-orang yang curhat ke gua. Tapi bukan menjadi sebuah masalah besar karena semua hal gua komunikasikan dulu ke orang yang bersangkutan.


Program magang di posisi yang gua ambil ini selinier dengan karir, karena gua pengen fokus ke people and culture. Di sini gua bisa mengasah problem solving, berpikir cepat dan kreatif, bahkan gua bisa 1o1 dengan HR Dibimbing.Id langsung!



6. Firly Amar Nashwa - Sales Team


Firly amar nashwa


Aku Firly Amar Nashwa S1 Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta. Ambil posisi Sales Admission di program Dibimbing.id X Kampus Merdeka ini. Tau program ini dari social media, dari iklan ads. Langsung cari-cari detailnya di instagram.


Sebagai tim sales, aku di sini justru dikasih kerjaannya mengarah ke Customer Service (CS), karena untuk detail kerjaan sales, Dibimbing.Id ini belum mengizinkan anak intern melakukan penjualan. Sales intern seperti aku hanya menjadwalkan zoom meeting untuk tim sales full time.


Pengalaman berkesan selama magang di sini adalah saat aku merasakan culture shock dengan jadwal kerja. Terkadang aku masih bekerja di malam hari, karena ada event-event yang acaranya emang malam. Kita sebagai anak intern mengurus kebutuhan event itu.


Keseruan selama magang di sini adalah bonding dari intern tim HR! Dalam konteks pekerjaan, hal yang membuat seru adalah jam kerjanya. Di awal-awal bahkan pernah ada task ngechatin ratusan orang (kalo lagi ada event doang ini). Kalau sekarang justru lebih berkurang ngechatin orang-orangnya.


Selama magang, tentu ada kesulitan yang aku alami, salah satunya adalah sales yang dituntut paham betul tentang product knowledge. Kadang masih belum tau jawabannya jika ada pertanyaan dari customer tentang pertanyaan mendetail di luar product knowledge-ku. Solusinya sih cari di google or tanya-tanya ke mentor langsung ya.


Program magang yang aku ambil ini masuk ke bidang karir yang aku inginkan sih, karena aku pengen ke dunia marketing. Di sini aku belajar banyak tentang creative thinking, komunikasi persuasif, hingga negosiasi.



Gimana Transfer Nilai Kampus Merdeka?



Seperti yang sudah dijelaskan di awal, kamu bisa mengonversi program Dibimbing.Id X Kampus Merdeka ini ke mata kuliah dengan minimal 20 SKS! Di akhir program nanti, kamu bisa mengakses Nilai Akhir pada platform Kampus Merdeka. 


Penilaian tersebut mencakup penilaian Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), mandiri, sejawat, dan penilaian guru pamong. Komponen penilaiannya ada beberapa aspek, yaitu:

  • Perencanaan kegiatan

  • Pelaksanaan kegiatan

  • Laporan kegiatan

  • Kepribadian dan sosial


Berdasar testimoni dari berbagai partisipan program ini, transfer nilai sistem konversinya jelas, karena semua sudah ada petunjuknya di website Kampus Merdeka. Singkatnya, nanti kamu harus membuat laporan kegiatan di website Kampus Merdeka. Kalau sudah di-approve, nanti akan diinput secara otomatis ke mata kuliah yang dikonversikan. 


Sebelum itu, kamu harus pastikan kesesuaian mata kuliah yang akan dikonversi dengan kompetensi yang akan didapatkan di Dibimbing.Id ya! Jangan lupa untuk terus berkoordinasi juga dengan pihak kampus, agar proses konversi berjalan mulus, hehehe.



Yuk Gabung Studi Independen Kampus Merdeka X Dibimbing!



Nah, tunggu apalagi, buat kamu yang lagi mau ikut program Kampus Merdeka, kuy langsung aja ikuti program studi Independen Dibimbing. Ada 3 program yang bisa kamu ikuti, yakni Business Intelligence, Data Warehousing, dan Performance Marketing. 


Yuk langsung daftar aja! Klik link ini untuk mendaftar!

Share

Author Image

Dibimbing.id

dibimbing.id mendukung penuh para pemilik growth mindset untuk selalu mengembangkan diri melalui belajar online dan berkarier!

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!