10 Contoh Percakapan Bahasa Inggris 3 Orang di Sekolah

Irhan Hisyam Dwi Nugroho
•
25 October 2024
•
10253

Percakapan bahasa Inggris di sekolah kadang bikin kikuk, ya Warga Bimbingan? Apalagi kalo kamu belum terbiasa ngomong dengan lancar.
Masalahnya, tanpa latihan percakapan yang cukup, kamu bisa kehabisan kata-kata pas lagi di kelas atau ngobrol sama temen bule. Duh, pasti awkward banget, kan?
Nah, kali ini MinDi bakal kasih kamu 10 contoh percakapan bahasa Inggris 3 orang di sekolah, lengkap dengan tema dan terjemahannya! Yuk, simak biar kamu bisa makin smooth pas ngobrol di situasi sekolah dan makin pede bahasa Inggrisnya!
Baca juga : 15 Manfaat Keterampilan Bahasa Inggris, Karier Pasti Sukses
Contoh Percakapan Bahasa Inggris 3 Orang di Sekolah
Sumber : Unsplash
Warga Bimbingan, pasti pernah kan ngerasain gimana serunya ngobrol sama temen-temen di sekolah? Nah, gimana kalau obrolan itu pakai bahasa Inggris? Mungkin awalnya canggung, tapi MinDi punya cara buat bikin kamu makin lancar.
Yuk, simak beberapa contoh percakapan bahasa Inggris 3 orang di sekolah ini, biar kamu bisa asah skill ngomong kamu dengan cara yang seru dan gampang dipraktikkan!
1. Tema: Diskusi Soal PR Bahasa Inggris
Conversation:
- Sophia: Hey, Mark, did you manage to finish the English homework last night?
- Mark: Not really. I got stuck on the second part where we have to analyze the poem. What about you, Emma?
- Emma: I finished it, but the poem was tricky. I wasn’t sure what the author was trying to say in some parts.
- Sophia: Same! I think it’s about love, but the metaphors were hard to interpret.
- Mark: Exactly! I mean, what does “a heart wrapped in thorns” even mean?
- Emma: I think it represents emotional pain or something like that.
- Sophia: Yeah, that makes sense. I guess the author is talking about how love can sometimes hurt.
- Mark: I like that interpretation. Now it doesn’t seem so confusing anymore. Thanks, guys!
- Emma: No problem! Just make sure to write that down for the assignment.
- Sophia: Let’s compare our answers later to make sure we all get it right.
Terjemahan:
- Sophia: Hei, Mark, kamu udah selesai PR bahasa Inggris tadi malam?
- Mark: Belum sih. Aku stuck di bagian kedua, yang kita harus analisis puisi. Kamu gimana, Emma?
- Emma: Aku udah selesai, tapi puisinya susah. Aku nggak yakin apa yang coba diomongin penulis di beberapa bagian.
- Sophia: Sama! Aku pikir ini tentang cinta, tapi metaforanya susah diartiin.
- Mark: Iya kan! Maksudnya apa sih "hati yang dibalut duri"?
- Emma: Menurutku itu ngelambangin rasa sakit emosional atau semacamnya.
- Sophia: Iya, bener juga. Kayaknya penulis ngomongin tentang gimana cinta kadang bisa menyakitkan.
- Mark: Aku suka interpretasi itu. Jadi nggak keliatan bingung lagi sekarang. Makasih ya, guys!
- Emma: Sama-sama! Jangan lupa tulis itu buat tugasnya.
- Sophia: Yuk nanti kita bandingin jawaban kita biar semua benar.
2. Tema: Membahas Proyek Kelompok Sejarah
Conversation:
- Lucas: So, are we all clear on what to do for the history project?
- Ava: I think so. I’m going to focus on the research about ancient Egypt. What about you, Jake?
- Jake: I’ll handle the visuals. I’m making a timeline of the major pharaohs and their achievements.
- Lucas: That’s great! I’ll put everything together and write the introduction and conclusion.
- Ava: Should we meet up after school tomorrow to go over everything?
- Jake: Sounds good to me. Do we need to practice the presentation too?
- Lucas: Yeah, let’s do a quick run-through to make sure we’re all on the same page.
- Ava: Good idea. We don’t want to mess up in front of the whole class!
- Jake: Agreed! Let’s aim for an A+ on this project.
Terjemahan:
- Lucas: Jadi, kita semua udah paham harus ngapain buat proyek sejarah ini?
- Ava: Kayaknya udah. Aku bakal fokus di riset tentang Mesir Kuno. Kamu gimana, Jake?
- Jake: Aku bakal urus visualnya. Aku lagi bikin timeline tentang para firaun utama dan pencapaian mereka.
- Lucas: Bagus! Aku bakal nyatuin semuanya dan nulis pembukaan serta kesimpulannya.
- Ava: Gimana kalau kita ketemu setelah sekolah besok buat ngecek semuanya?
- Jake: Oke, aku setuju. Kita juga perlu latihan presentasi nggak?
- Lucas: Iya, kita coba latihan sekali biar semua sama-sama ngerti bagian masing-masing.
- Ava: Ide bagus. Kita nggak mau kan salah di depan seluruh kelas!
- Jake: Setuju! Yuk, kita usahain dapet A+ buat proyek ini.
3. Tema: Membahas Kegiatan Ekstrakurikuler
Conversation:
- Emma: Are you guys signing up for any extracurricular activities this year?
- Liam: I’m thinking about joining the basketball team. How about you, Chloe?
- Chloe: I’m joining the art club! I’ve always loved painting, and they have some cool workshops.
- Emma: That sounds fun! I might join the debate club. I enjoy discussing different topics.
- Liam: Debate club? That’s impressive. I’ve heard it helps a lot with public speaking skills.
- Chloe: Yeah, and it also helps with building confidence in presenting your arguments.
- Emma: Exactly! It could be useful for future presentations and job interviews.
- Liam: True! Maybe I should consider joining too. Could help me with my communication skills.
- Chloe: You totally should! Let’s all try something new this year.
Terjemahan:
- Emma: Kalian ikut kegiatan ekstrakurikuler apa tahun ini?
- Liam: Aku kepikiran buat ikut tim basket. Kamu gimana, Chloe?
- Chloe: Aku mau ikut klub seni! Aku selalu suka melukis, dan mereka punya workshop keren.
- Emma: Kedengarannya seru! Aku mungkin bakal ikut klub debat. Aku suka diskusi berbagai topik.
- Liam: Klub debat? Keren tuh. Aku denger itu bantu banget buat skill berbicara di depan umum.
- Chloe: Iya, dan juga bantu nambah percaya diri buat menyampaikan argumen.
- Emma: Tepat! Itu bisa berguna buat presentasi dan wawancara kerja di masa depan.
- Liam: Bener juga! Mungkin aku juga harus pertimbangin ikut. Bisa bantu komunikasi aku jadi lebih baik.
- Chloe: Kamu harus banget coba! Yuk, kita coba sesuatu yang baru tahun ini.
4. Tema: Persiapan Ujian Matematika
Conversation:
- Jake: Are you guys ready for the math test tomorrow?
- Liam: Not really. I’m still having trouble with the geometry part.
- Chloe: Same here! I can’t seem to get the hang of those triangle theorems.
- Jake: Don’t worry, guys. Let’s review together. I’ve got some practice problems we can go through.
- Liam: That would be awesome! I really need to work on finding the angles.
- Chloe: Me too! Especially those questions about parallel lines and angles.
- Jake: Alright, let’s meet after school and go over everything. We’ve got this!
- Liam: Thanks, Jake. You’re a lifesaver!
- Chloe: Yeah, seriously. Let’s ace this test!
Terjemahan:
- Jake: Kalian udah siap buat ujian matematika besok?
- Liam: Belum sih. Aku masih kesulitan di bagian geometri.
- Chloe: Aku juga! Aku nggak bisa ngerti teorema segitiga itu.
- Jake: Jangan khawatir, guys. Yuk, kita review bareng. Aku punya soal-soal latihan yang bisa kita kerjain.
- Liam: Itu bakal keren banget! Aku bener-bener butuh latihan soal sudut.
- Chloe: Aku juga! Apalagi soal garis sejajar dan sudut-sudutnya.
- Jake: Oke, kita ketemu setelah sekolah dan review semuanya. Kita pasti bisa!
- Liam: Makasih, Jake. Kamu penyelamatku!
- Chloe: Iya, serius. Yuk, kita dapet nilai bagus di ujian ini!
5. Tema: Diskusi Proyek Sains
Sumber : Canva
Conversation:
- Sophia: We need to finalize our science project idea. Any thoughts?
- Mark: How about we do something with plants? Maybe we can test how different light conditions affect their growth.
- Emma: That sounds good! We can grow them under sunlight and artificial light, then measure the differences.
- Sophia: We’ll also need to keep a record of their growth and take pictures for the presentation.
- Mark: I’ll handle the data collection. I’m good with keeping track of the details.
- Emma: I can do the experiment setup and watering schedule.
- Sophia: And I’ll make the presentation slides. Let’s meet up tomorrow to start the experiment.
- Mark: Sounds like a plan! Let’s aim for an A on this project.
- Emma: Agreed! We’ve got this!
Terjemahan:
- Sophia: Kita harus finalisasi ide proyek sains kita. Ada ide?
- Mark: Gimana kalau kita eksperimen pakai tanaman? Mungkin kita bisa uji bagaimana kondisi cahaya yang berbeda memengaruhi pertumbuhannya.
- Emma: Kedengarannya bagus! Kita bisa tanam di bawah sinar matahari dan cahaya buatan, lalu ukur perbedaannya.
- Sophia: Kita juga perlu catat pertumbuhannya dan ambil foto untuk presentasi.
- Mark: Aku bakal urus pengumpulan datanya. Aku jago dalam mencatat detail.
- Emma: Aku bisa urus pengaturan eksperimen dan jadwal penyiraman.
- Sophia: Dan aku bakal bikin slide presentasinya. Yuk, kita mulai eksperimen besok.
- Mark: Oke, rencana bagus! Kita usahain dapet A buat proyek ini.
- Emma: Setuju! Kita pasti bisa!
6. Tema 6: Diskusi Tentang Tugas Grup Matematika
Conversation:
- Liam: Hey, guys, do you remember we have a group math assignment due next week?
- Sophia: Oh, right! I completely forgot about it. What’s the topic again?
- Emma: It’s about statistics. We need to collect data and create a chart to show the results.
- Liam: Yeah, I think we should divide the work. Who wants to collect the data?
- Sophia: I can handle that part. I’ll collect data from the students in our class.
- Emma: I’m good with creating the chart. I’ll make sure it looks neat and clear.
- Liam: Perfect! I’ll write the report and explain our findings.
- Sophia: Sounds like a plan! Let’s meet this weekend to put everything together.
- Emma: Agreed! We’ll definitely finish this on time.
Terjemahan:
- Liam: Hei, guys, kalian ingat nggak kalau kita ada tugas grup matematika yang harus dikumpulkan minggu depan?
- Sophia: Oh, iya! Aku lupa banget. Topiknya apa lagi ya?
- Emma: Tentang statistik. Kita harus kumpulin data dan bikin grafik buat nunjukin hasilnya.
- Liam: Iya, kayaknya kita harus bagi tugas. Siapa yang mau ngumpulin data?
- Sophia: Aku bisa urus bagian itu. Aku bakal kumpulin data dari siswa-siswa di kelas kita.
- Emma: Aku jago bikin grafik. Aku pastiin tampilannya rapi dan jelas.
- Liam: Bagus! Aku bakal tulis laporan dan jelasin hasilnya.
- Sophia: Oke, rencana bagus! Yuk ketemu akhir pekan ini buat nyatuin semuanya.
- Emma: Setuju! Kita pasti bisa selesai tepat waktu.
7. Tema 7: Membahas Jadwal Belajar untuk Ujian
Conversation:
- Mark: Finals are coming up soon. Do you guys have a study plan?
- Ava: I’ve started studying, but I’m not sure how to schedule everything.
- Jake: Same here. I’ve been focusing on math, but I need to work on my English too.
- Mark: How about we create a study schedule together? We can break it down by subjects.
- Ava: That’s a good idea. We can focus on one subject per day, like math on Monday and English on Tuesday.
- Jake: Yeah, and we can quiz each other to make sure we’re understanding everything.
- Mark: Agreed! Let’s meet in the library tomorrow and work on this plan together.
- Ava: Sounds great! I’m sure we’ll be better prepared for the finals this way.
- Jake: Definitely! This will help us stay on track.
Terjemahan:
- Mark: Ujian akhir sebentar lagi nih. Kalian udah punya rencana belajar?
- Ava: Aku udah mulai belajar, tapi aku masih bingung cara bagi waktunya.
- Jake: Aku juga. Aku fokus di matematika, tapi aku juga harus belajar bahasa Inggris.
- Mark: Gimana kalau kita bikin jadwal belajar bareng? Kita bisa bagi per mata pelajaran.
- Ava: Ide bagus. Kita bisa fokus di satu pelajaran per hari, misalnya matematika di hari Senin dan bahasa Inggris di hari Selasa.
- Jake: Iya, dan kita bisa saling quiz biar ngerti semuanya.
- Mark: Setuju! Yuk, besok ketemu di perpustakaan buat bikin rencana ini bareng-bareng.
- Ava: Terdengar bagus! Aku yakin kita bakal lebih siap buat ujian akhir.
- Jake: Pasti! Ini bakal bantu kita tetap fokus.
8. Tema 8: Diskusi Soal Kegiatan di Kelas Olahraga
Conversation:
- Chloe: Did you guys enjoy gym class today?
- Sophia: Yeah, it was fun! But I’m so tired from all that running.
- Liam: Me too! I wasn’t expecting the teacher to make us run five laps.
- Chloe: Same here! I thought we were just going to play basketball.
- Sophia: I know, right? But it was good exercise, I guess.
- Liam: True, but I prefer team sports. I hope next week we’ll play soccer or volleyball.
- Chloe: I’m down for soccer! It’s more fun when everyone works together.
- Sophia: Totally! Let’s ask the teacher if we can do that next time.
- Liam: Yeah, we should! It’ll be way more exciting.
Terjemahan:
- Chloe: Kalian menikmati kelas olahraga hari ini nggak?
- Sophia: Iya, seru sih! Tapi aku capek banget habis lari-lari.
- Liam: Aku juga! Aku nggak nyangka gurunya nyuruh kita lari lima putaran.
- Chloe: Sama! Aku kira kita cuma bakal main basket.
- Sophia: Iya kan? Tapi ya, lumayan buat olahraga.
- Liam: Bener sih, tapi aku lebih suka olahraga tim. Aku harap minggu depan kita main sepak bola atau voli.
- Chloe: Aku juga suka sepak bola! Lebih seru kalau semua kerja sama.
- Sophia: Setuju! Yuk, kita tanya gurunya kalo kita bisa main itu minggu depan.
- Liam: Iya, kita harus coba! Pasti lebih seru.
9. Tema 9: Diskusi Soal Bimbingan Konseling Karier
Conversation:
- Jake: Have you guys thought about going to the career counseling office?
- Ava: I’ve been thinking about it. I’m not sure what I want to do after graduation.
- Mark: Same here. I know I want to study something related to technology, but I’m not sure which major to choose.
- Jake: You should go! They can help you figure out what you’re interested in and what career fits your skills.
- Ava: That sounds helpful. What about you, Jake? Do you know what you want to study?
- Jake: I’m leaning towards engineering, but I need more guidance on which field of engineering.
- Mark: That’s a good idea. We should all go and see what options we have.
- Ava: Agreed! Let’s schedule an appointment together.
Terjemahan:
- Jake: Kalian udah mikir buat pergi ke bimbingan konseling karier?
- Ava: Aku kepikiran sih. Aku masih belum yakin mau ngapain setelah lulus.
- Mark: Aku juga. Aku tau aku mau belajar sesuatu yang berhubungan dengan teknologi, tapi aku belum tau jurusan apa yang harus dipilih.
- Jake: Kamu harus pergi! Mereka bisa bantu kamu nyari tau apa minatmu dan karier apa yang cocok dengan kemampuanmu.
- Ava: Kedengarannya berguna. Kalo kamu, Jake, udah tau mau belajar apa?
- Jake: Aku condong ke teknik, tapi aku butuh bimbingan lebih lanjut soal bidang teknik yang mana.
- Mark: Ide bagus. Kita semua harus pergi dan lihat pilihan yang kita punya.
- Ava: Setuju! Yuk, kita jadwalkan janji bareng-bareng.
10. Tema 10: Diskusi Soal Hari Pertama Sekolah
Conversation:
- Sophia: How was your first day of school, guys?
- Chloe: It was okay, but I got lost trying to find my chemistry class.
- Liam: Same here! The school map is confusing. I had to ask three people for directions.
- Sophia: I had the same problem! But other than that, the teachers seem nice.
- Chloe: Yeah, my history teacher is really funny. I think I’m going to like that class.
- Liam: My math teacher is strict, but she explains everything really well.
- Sophia: That’s good! Hopefully, we’ll all get used to the school layout soon.
- Chloe: Definitely! It’ll get easier once we know where everything is.
- Liam: Let’s explore the school together tomorrow during lunch.
Terjemahan:
- Sophia: Gimana hari pertama sekolah kalian?
- Chloe: Lumayan sih, tapi aku sempat tersesat nyari kelas kimia.
- Liam: Sama! Peta sekolahnya bikin bingung. Aku harus tanya tiga orang buat nemuin jalannya.
- Sophia: Aku juga ngalamin hal yang sama! Tapi selain itu, guru-gurunya kelihatan ramah.
- Chloe: Iya, guru sejarahku lucu banget. Kayaknya aku bakal suka kelas itu.
- Liam: Guru matematikaku agak tegas, tapi dia ngejelasin semuanya dengan baik.
- Sophia: Bagus dong! Semoga kita cepat terbiasa sama tata letak sekolahnya.
- Chloe: Pasti! Nanti juga lebih gampang kalo kita udah tau di mana semua kelas.
- Liam: Yuk, besok kita keliling sekolah bareng pas makan siang.
Baca juga : 100 Kosakata Profesi Bahasa Inggris yang Penting, Lengkap!
Siap Ngobrol Lancar dalam English for Business?
Sudah paham dasar-dasar bahasa Inggris? Sekarang saatnya kamu upgrade skill ke level profesional!
Kalau Warga Bimbingan masih merasa kurang percaya diri atau pengen lebih jago ngomong dalam situasi bisnis, langsung aja gabung Bootcamp English for Business di dibimbing.id.
Di sini, kamu bakal belajar bareng mentor-mentor berpengalaman, gak cuma teori tapi juga praktek langsung lewat business conversation, negotiation, dan presentation skills yang pastinya bakal sering kamu temuin di dunia kerja.
Plus, kamu bakal dapet sertifikat CEFR yang diakui secara internasional dan juga gratis pengulangan kelas sampai benar-benar lancar!
Kalo kamu ada pertanyaan kayak, "Gimana cara improve skill presentasi dalam bahasa Inggris?" atau "Apa tips biar lebih percaya diri pas meeting sama klien asing?", langsung aja konsultasi gratis di sini.
dibimbing.id siap bantu #BimbingSampeJadi professional English speaker yang siap bersaing di dunia bisnis internasional! Let's level up your communication skills!
Tags

Irhan Hisyam Dwi Nugroho
Irhan Hisyam Dwi Nugroho is an SEO Specialist and Content Writer with 4 years of experience in optimizing websites and writing relevant content for various brands and industries. Currently, I also work as a Content Writer at Dibimbing.id and actively share content about technology, SEO, and digital marketing through various platforms.