Cara Mudah Switch Karir Lewat Bootcamp, Yuk Simak!

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

•

17 April 2024

•

139

Image Banner

Ingin banting setir karier ke bidang baru? Bootcamp adalah solusi paling cepat untuk mencapai tujuan tersebut. Cara switch karir lewat bootcamp ini sering kali diterapkan oleh individu yang mau beralih karier ke industri dinamsis seperti data science hingga UI/UX.


Dengan kurikulum yang intensif dan berfokus pada pengalaman praktis, bootcamp memang menawarkan jalur percepatan untuk menguasai keterampilan baru. Untuk tahu lebih lengkapnya, baca penjelasan di bawah ini!



Bagaimana Cara Switch Karir Lewat Bootcamp?



Sumber: Freepik


Switch karir melalui bootcamp bisa menjadi langkah yang efektif jika Anda mencari cara untuk memasuki industri baru. Hal ini terutama berlaku dalam industri yang sangat teknis seperti pengembangan web, data science, atau desain UI/UX.


Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk melakukan switch karir lewat bootcamp:


1. Identifikasi Minat dan Tujuan Karir Anda


Sebelum memilih bootcamp, tentukan bidang yang ingin Anda minati. Pertimbangkan apa yang menarik bagi Anda. Misalnya, pengembangan web, analisis data, atau desain antarmuka pengguna. 


Dengan memahami minat dan tujuan, Anda bisa memilih program yang paling relevan.



2. Riset Berbagai Bootcamp


Cara switch karir lewat bootcamp berikutnya adalah riset berbagai bootcamp. Pastikan untuk melakukan penelitian menyeluruh tentang berbagai bootcamp yang menawarkan kursus dalam bidang yang Anda minati. 


Bandingkan kurikulum, durasi pelatihan, biaya, format pembelajaran, dan ulasan dari alumni. Faktor penting lainnya adalah dukungan karir yang mereka tawarkan, seperti bantuan dalam mencari pekerjaan setelah lulus.



3. Persiapan Pra-Bootcamp


Cara switch karir lewat bootcamp berikutnya adalah dengan persiapan pra-bootcamp. Sebagian besar bootcamp memerlukan kemampuan dasar di bidang yang akan dipelajari. Anda mungkin perlu belajar sendiri beberapa dasar-dasar sebelum memulai.


Misalnya, Anda bisa belajar bahasa pemrograman untuk bootcamp pengembangan wen, atau dasar-dasar statistik untuk bootcamp data science.


4. Ikuti Program Bootcamp

Bootcamp biasanya berlangsung antara 3 hingga 6 bulan dan sangat intensif. Anda akan belajar melalui kombinasi kelas, tugas, proyek, dan pekerjaan kelompok. 


Seringkali, bootcamp juga menyediakan kesempatan untuk bekerja pada proyek nyata atau simulasi yang meniru tantangan industri.



5. Manfaatkan Layanan Karir


Cara switch karir lewat bootcamp berikutnya adalah manfaatkan layanan karir. Manfaatkan setiap sumber daya yang ditawarkan bootcamp untuk membantu transisi ke lapangan kerja baru. 


Ini mungkin termasuk bantuan dengan resume, persiapan wawancara, workshop networking, dan akses ke pekerjaan eksklusif.


6. Melamar Pekerjaan


Setelah menyelesaikan bootcamp, mulailah proses melamar pekerjaan. Gunakan jaringan yang Anda bangun selama bootcamp serta platform pencarian kerja. Jangan lupa untuk menyoroti proyek-proyek yang Anda kerjakan selama bootcamp di CV.


Baca Juga: Pertanyaan Sebelum Memilih Bootcamp yang Tepat




Rekomendasi Bootcamp Terbaik



Bagi Anda yang mulai tertarik untuk mengikuti bootcamp guna beralih karier, MinDi akan berikan beberapa rekomendasi program dari Dibimbing.id. Berikut adalah beberapa pilihan terbaik ala MinDi:


Bootcamp Online Dibimbing.id


Rekomendasi pertama adalah bootcamp online Dibimbing.id. Program ini menawarkan pelatihan selama 4-6 bulan dengan berbagai macam benefit


Beberapa keuntungan yang ditawarkan dari program ini adalah belajar online di akhir pekan, dukunngan learning management system, dan penyaluran kerja setelah lulus. 


Lewat program ini, Anda juga berkesempatan untuk bertemu dengan mentor, networking, persiapan karier lebih mantap, hingga kerja dengan gaji hingga dua digit.


Berikut adalah beberapa program yang bisa Anda pilih dari bootcamp online Dibimbing.id:


  • Bootcamp Product and Project Management:

Menawarkan pembelajaran dan pelatihan terkait manajemen produk dan pengembangan produk. Beberapa hal yang akan dipelajari meliputi ideation, business process, wireframing, basic IT technical, hingga project procurement.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan hands-on experience menggunakan tools yang dibutuhkan serta mengerjakan proyek nyata. Tools yang diajarkan adalah miro, LMS Dibimbing, Figma, dan Atlassian.

  • Bootcamp Data Science:

Program ini menawarkan kelas dan pelatihan untuk analisis data, pengolahan data, visualisasi data, hingga permodelan machine learning. Di sini, Anda juga akan mempelajari berbagai tools serta praktik dengan real-case project.

Beberapa tools-nya antara lain Python, Anaconda, DBeaver, HackerRank, Tableau, Looker Studio, dan PostgreSQL.

  • Bootcamp Frontend Web Development:

Lewat program ini, peserta akan mengeksplorasi cara pengembangan web pakai HTML, CSS, Bootstrap, Redux, React atau Next js.

Anda juga bisa mengeksplorasi penggunaan alat seperti VCS: Git, Netlify, Visual Studio Code, dan GitHub. Selain itu, Anda juga akan mempraktikkan keahlian lewat real-case project.

  • Bootcamp Digital Marketing:

Program ini menawarkan pelatihan intensif untuk menguasai berbagai strategi pemasaran online. Beberapa contohnya adalah pemasaran organik, website, performance marketing, SEO, dan CRM.

Anda juga akan mendapatkan hands-on experience ke berbagai tools seperti Google Ads, TikTok, Facebook Ads, Mailchimp, WordPress, Canva, Instagram, dan masih banyak lagi. Tentunya, keahlian ini akan Anda praktikkan juga lewat real-case project.

  • Bootcamp UI/UX Design:

Program ini menawarkan pelatihan intensif dalam pembuatan desain aplikasi seluler dan web. Beberapa hal yang akan dipelajari mencakup UX research, UI/UX design fundamental & development, serta UX writing.

Beberapa tools yang akan Anda pelajari mencakup miro, Figma, FigJam, dribble, dan Behance.



Specialized Bootcamp Dibimbing.id


Rekomendasi berikutnya adalah dengan mengikuti specialized bootcamp Dibimbing.id. Program ini menawarkan pelatihan intensif untuk mendapatkan keahlian khusus hanya dalam waktu mulai dari 12 minggu.


Dibanding full-stack bootcamp sebelumnya, Anda bisa menguasai digital skill pilihan sampai ke akarnya dengan harga terjangkan dan durasi singkat. Bukan hanya itu, Anda bisa mendapatkan diskusi eksklusif dengan mentor ahli dari perusahaan ternama.


Berikut adalah beberapa program specialized bootcamp Dibimbing.id:


  • Bootcamp AI Machine Larning Engineering:

Menawarkan pembelajaran dan pelatihan terkait AI dan ML. Di program ini, Anda akan mendapatkan pemahaman mendalam terkait dua bidang ini serta eksplorasi studi kasus dan praktik dengan real-case project.

Beberapa tools penunjang yang dipakai meliputi Python, GitHub, Tensor Flow, dan Anaconda.

  • Bootcamp Data Engineering:

Merupakan program pelatihan intensif terkait sistem infrastruktur data. Mulai dari menata, mengumpulkan, cleaning data, optimasi data, hingga melakukan data strategy dan conversion.

Beberapa tools penunjang yang akan diapakai adalah Apache Spark, Google colab, Git, Hadoop, Google cloud, dan Apache Airflow.

  • Bootcamp Business Intelligence:

Program ini memberikan pelatihan intensif dalam penggunaan big data untuk kebutuhan bisnis. Di sini, Anda akan mendapatkan pemahaman mendalam dengan praktik dengan real-case project dan hands-on experience ke tools penunjangnya.

Beberapa alat yang akan dipelajari adalah python, Tableau, Google Big Query, Power BI, dan Apache Airflow.

  • Bootcamp Social Media Marketing:

Program ini menawarkan pembelajaran mendalam tentang pemasaran lewat sosial media. Mulai dari penggunaan alat analitik, AI, Canva, hingga berbagai macam media sosial.



Itulah cara switch karir lewat bootcamp dan beberapa rekomendasi program yang mungkin bisa menjadi pilihan Anda. Apabila Anda ingin membekali mahasiswa dengan keahlian lain selain jurusannya, career preparation Dibimbing.id bisa jadi bahan pertimbangan yang tepat.


Pelatihan ini menawarkan program terbaik yang mungkin cocok untuk mahasiswa kampus Anda. Pelatihannya mencakup soft skill atau workshop, review CV dan pengembangan profil LinkedIn, serta simulasi psycho test.


Selain itu, Anda bisa mengatur jadwal serta program yang sesuai dengan mahasiswa. Beberapa program yang bisa Anda pilih adalah pelatihan basic skill seperti excel, pemasaran digital, hingga data science.


Menarik bukan? Yuk, siapkan mahasiswa Anda di industri kerja bersama Dibimbing.id! Konsultasikan kebutuhan kampus Anda di sini!




Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!