10 Cara Menjawab Tujuan Bekerja Saat Interview, Yuk Simak!

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

•

28 April 2024

•

11574

Image Banner

Menghadapi wawancara kerja bisa jadi momen menantang, terutama ketika ada pertanyaan sulit dari interviewer. Salah satu pertanyaan yang cukup tricky adalah ‘Apa yang menjadi tujuan Anda bekerja?’ Lantas, bagaimana cara menjawab tujuan bekerja saat interview?


Agar Anda tidak bingung saat interview, MinDi sudah merangkum 10 tips menjawab pertanyaannya di artikel ini! Jadi, baca sampai habis ya!



10 Cara Menjawab Tujuan Bekerja Saat Interview



Sumber: Freepik


Mempersiapkan jawaban untuk pertanyaan ‘Apa tujuan Anda bekerja?’ dalam sebuah wawancara kerja adalah hal yang sangat penting. Pasalnya, jawabannya akan memberikan gambaran kepada interviewer tentang motivasi dan rencana karir Anda.


Agar Anda memberikan kesan yang baik, berikut adalah 10 cara menjawab pertanyaan tersebut:


1. Pengembangan Karir


Cara menjawab pertanyaan ini adalah buat kesan pekerjaan ini cocok untuk pengembangan karir Anda. Sebutkan bahwa tujuan Anda bekerja di perusahaan tersebut adalah untuk mengembangkan karir. 


Jelaskan juga bagaimana Anda melihat perusahaan itu sebagai tempat yang tepat untuk mengasah keterampilan dan memperluas pengalaman. 


Contoh Jawaban:


"Saya ingin bekerja di sini karena percaya perusahaan ini memberikan lingkungan yang mendukung untuk pertumbuhan profesional dan pribadi. Saya ingin mengembangkan keterampilan [sebutkan keterampilan spesifik]; dan saya yakin posisi ini adalah kesempatan yang tepat untuk itu."



2. Kesempatan Belajar


Cara menjawab tujuan bekerja saat interview kedua adalah dengan mengungkapkan minat Anda untuk belajar dari lingkungan kerja yang dinamis serta beragam. 


Ceritakan juga bahwa Anda ingin mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru yang relevan dengan bidang ketertarikan.


Contoh Jawaban:


"Saya ingin bekerja di sini karena perusahaan ini dikenal dengan tim kepemimpinan yang luar biasa dan lingkungan yang kolaboratif. Saya berharap dapat belajar dari pengalaman dan bimbingan para pemimpin di industri ini."


Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Interview yang Baik untuk Pemula





3. Kontribusi Aktif


Cara jawab berikutnya adalah dengan menekankan bahwa tujuan Anda adalah memberikan kontribusi signifikan pada tim dan perusahaan. Jelaskan tentang keterampilan atau pengalaman spesifik yang dibawa akan membantu perusahaan mencapai tujuannya.


Contoh Jawaban:


"Saya tergoda oleh prospek bekerja di perusahaan ini karena saya dapat membawa keahlian khusus saya dalam [sebutkan keahlian]; dan saya yakin bisa langsung memberikan dampak positif pada proyek Anda yang sedang berlangsung seperti [sebutkan proyek jika ada].



4. Pengembangan Pribadi

Cara menjawab tujuan bekerja saat interview berikutnya adalah mengatakan bahwa Anda sedang mencari kesempatan untuk pertumbuhan pribadi. Jelaskan Anda ingin mengembangkan keterampilan interpersonal maupun profesional.


Yakinkan rekruter bahwa perusahaan dan peran yang dilamar bisa menjadi pintu untuk mengembangkan diri Anda. 


Contoh Jawaban:


"Saya sangat tertarik dengan [sebutkan bidang atau aspek] yang perusahaan ini fokuskan, dan tujuan saya adalah untuk menggabungkan passion saya dengan karir profesional. Saya melihat banyak kesamaan antara apa yang saya cari dan tujuan perusahaan ini."



5. Mencapai Tujuan Jangka Panjang


Jika memiliki tujuan jangka panjang yang jelas, Anda bisa ceritakan bagaimana posisi tersebut akan membantu mencapainya. Misalnya, Anda ingin menjadi manajer di masa depan dan perusahaan yang dilamar menawarkan jalur karir yang baik untuk itu.


Contoh Jawaban:


"Tujuan saya adalah untuk mengasah kemampuan saya dalam [bidang tertentu] dan naik ke posisi kepemimpinan dalam beberapa tahun ke depan. Saya melihat perusahaan ini sebagai tempat yang bisa memberi saya peluang dan tantangan yang tepat untuk mencapai tujuan itu."


6. Keselarasan Nilai


Untuk jawab pertanyaan terkait tujuan bekerja, Anda bisa ceritakan bahwa ketertarikan pada perusahaan tumbuh karena nilai dan budaya selaras dengan pribadi Anda. 


Ini menunjukkan bahwa riset dan pertimbangan serius tentang kecocokan antara Anda dan perusahaan sudah dilakukan.


Contoh Jawaban:


"Saya tertarik bekerja di perusahaan ini karena nilai-nilainya yang sangat sesuai dengan prinsip pribadi saya, seperti [sebutkan nilai seperti inovasi, integritas, dll.]. Saya ingin berkontribusi dan tumbuh dalam lingkungan yang mendorong nilai-nilai tersebut."


7. Kesempatan untuk Inovasi


Jika perusahaan tersebut terkenal karena inovasinya, nyatakan bahwa Anda ingin bergabung dalam lingkungan yang mendorong pemikiran kreatif dan inovatif. Berikan juga contoh bagaimana Anda bisa berkontribusi pada ini.


Contoh Jawaban:


"Tujuan saya bekerja adalah untuk terus dihadapkan dengan tantangan baru yang membantu saya tumbuh. Saya tahu bahwa perusahaan ini dikenal karena mendorong inovasi dan keunggulan, dan saya ingin menjadi bagian dari tim yang mendorong batas-batas itu."


Baca Juga: Tips Interview Kerja Agar Bisa Mendapatkan Pekerjaan Impian


8. Stabilitas dan Keamanan


Beberapa orang mungkin mencari stabilitas dalam pekerjaan mereka. Jika ini penting bagi Anda, sebutkan bahwa Anda menghargai stabilitas yang ditawarkan oleh perusahaan. Sebutkan juga bahwa Anda tertarik pada kesempatan bekerja jangka panjang.


Contoh Jawaban:


"Tujuan saya adalah untuk bergabung dengan perusahaan yang menawarkan stabilitas dan kesempatan untuk bekerja dalam proyek jangka panjang, di mana saya dapat terus memberikan nilai dan juga tumbuh secara profesional."


9. Kerjasama Tim


Cara menjawab tujuan bekerja saat interview berikutnya adalah mengatakan bahwa Anda mencari lingkungan yang menekankan kerja tim. Jika Anda menyukai kolaborasi, menjelaskan keinginan bekerja di tempat di mana kerja tim diutamakan bisa jadi plus poin.


Contoh Jawaban:


"Saya ingin bekerja di lingkungan yang menekankan kerja sama tim dan inisiatif bersama. Saya menghargai peluang untuk bekerja dengan tim yang beragam untuk memecahkan masalah dan menciptakan solusi inovatif."



10. Kesempatan untuk Membangun Jaringan


Cara menjawab tujuan bekerja saat interview terakhir adalah dengan menyatakan bahwa bekerja di perusahaan tersebut akan memberi Anda untuk membangun jaringan profesional.


Contoh Jawaban:


"Saya melihat posisi ini sebagai kesempatan untuk memperluas jaringan profesional saya dan bekerja dengan para ahli di bidang ini. Hal ini akan sangat berharga bagi pertumbuhan karir saya."




Itulah 10 cara menjawab tujuan bekerja saat interview serta contoh jawabannya. Dengan menggunakan jawaban di atas, Anda tbisa menunjukkan antusiasme pada posisi tersebut.


Jawaban di atas juga bisa menunjukkan bahwa Anda telah memikirkan dengan matang bagaimana bisa berkontribusi dan tumbuh bersama perusahaan. 


Meski mempersiapkan interview penting, ada hal lain yang harus dipersiapkan. Mulai dari skill yang dibutuhkan hingga CV yang bagus. Hal ini terutama penting diperhatikan oleh fresh graduate dan mahasiswa.


Untuk yang ingin mempersiapkan mahasiswanya sebelum terjun ke industri profesional,  career preparation Dibimbing.id bisa jadi bahan pertimbangan yang tepat. Dengan program ini, Anda bisa memberikan pelatihan atau workshop sesuai minat dan passion mahasiswa.


Program dan jadwal yang ditawarkan career preparation ini bisa disesuaikan kebutuhan dan jadwal. Bukan cuma itu, mahasiswa juga akan diberikan review CV serta profil LinkedIn dan simulasi psycho test


Yuk, gabung dan bentuk mahasiswa yang siap bekerja bersama Dibimbing.id! Mulai dengan konsultasikan kebutuhan kampus Anda di sini!




Share

Author Image

Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi

Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!