dibimbing.id - Cara Menghadapi Writer's Block Untuk Penulis - dibimbing.id

Cara Menghadapi Writer's Block Untuk Penulis - dibimbing.id

Kezia Margaretha

15 November 2022

969

Image Banner


Sebagai seorang penulis, pernah ga sih kamu cuman buka laptop dan ga tau mau nulis apa-apa. Satu jam, dua jam, berjam-jam seringkali berlalu gitu aja tanpa satu dan dua kata baru yang muncul di laptop. Jika kamu pernah mengalami hal tersebut, kamu mungkin sedang merasakan fase-fase yang dinamakan dengan Writer’s Block. 



Sebelum kamu semakin panik, MinDi mau jelasin bahwa sebenarnya hal tersebutmerupakan sesuatu yang sangat wajar dialami oleh seorang penulis dan jangan merasa stress karena hal tersebut. Setiap orang pasti pernah mengalami burnout dan kehabisan ide di satu titik kehidupan. 


Nah, untuk kamu yang sedang mengalami hal tersebut, semangat! MinDi yakin pasti kamu bisa melewati fase-fase ini dan kreatifitas kamu akan segera kembali seperti semula. MinDi juga udah nyediain beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk menghadapi Writer’s Block. 



Ciri-Ciri dari Writer’s Block



Sebelum kamu mengetahui cara menghadapinya, kamu perlu tahu terlebih dahulu gimana sih ciri-ciri dari Writer’s Block yang mungkin sedang kamu alami. Dengan demikian, kamu dapat jadi semakin yakin nih apakah kamu memang sedang mengalami Writer’s Block atau tidak Berikut beberapa ciri-ciri yang seringkali dialami apabila seseorang mengalami Writer's block. 



  1. Procrastination 


Menunda-nunda pekerjaan dikarenakan scroll TikTok merupakan salah satu permasalahan yang sering terjadi saat ini. Kamu mungkin melakukan hal tersebut karena merasa ga siap mental dan ga punya energi yang cukup untuk menghadapinya.


Ketika menghadapi keadaan seperti diatas, kalian dapat dikatakan sedang melakukan apa yang dinamakan procrastination. Namun, apabila procrastination tersebut terjadi dalam jangka waktu yang lama dan kalian terus-terusan menghiraukan tugas-tugas kalian, kalian mungkin sedang mengalami hal yang lebih dari itu seperti Writer’s Block. 



  1. Capek Terus Menerus 


Capek merupakan sesuatu yang sangat manusiawi di zaman yang penuh dengan hustle-culture. Kamu seringkali ga mendapatkan istirahat yang cukup dan harus mengerjakan berbagai deadline sepanjang hari. Apabila kamu mengalami kondisi demikian, kamu mungkin membutuhkan sedikit waktu untuk healing dan kamu dapat segera segar kembali. 


Tetapi berbeda cerita apabila kamu telah memiliki istirahat yang cukup serta tidur yang nyenyak, namun rasa capek yang kamu rasakan tidak kunjung berkurang. Kamu perlu mewaspadainya karena kamu mungkin sedang mengalami apa yang dinamakan dengan Writer’s Block. 


  1. Mengalami Morning Dread 


Pernah ga si kamu bangun tidur dan langsung merasa sedih ketika memikirkan masa depanmu. Kamu merasa semuanya merasa suram dan tidak dapat menemukan titik terang. 


Hal ini juga membuat kamu merasa takut untuk bangun dan mengalami hari-hari seperti biasanya. Ketika perasaan ini terus dirasakan berlanjut dan berlarut-larut, kamu mungkin sedang mengalami Writer’s Block atau sesuatu yang lebih serius dari itu. 



  1. Meragukan Diri Sendiri


Ketika dihadapi dengan kondisi yang melelahkan dengan permasalahan yang bertubi-tubi di pekerjaan, kamu mungkin akan sampai pada titik meragukan diri sendiri. 


Kamu akan merasa dirimu kurang baik dan pantas untuk pekerjaanmu. Bukan hanya itu, kamu juga tidak merasa pekerjaan-pekerjaan sebelummu berarti dan menganggap bahwa dirimu merupakan orang yang tidak memiliki kreativitas sama sekali.



  1. Kebiasaanmu menjadi Berbahaya dan Memburuk


Ketika merasa stress, kamu mungkin menjadi makan lebih atau kurang daripada yang biasanya. Kamu juga meninggalkan rutinitas-rutinitas sehat seperti olahraga serta mengkonsumsi banyak alkohol dan memiliki tidur yang tidak cukup. 


Semakin lama kamu memiliki kebiasaan yang berbahaya dan memburuk, kamu perlu semakin perhatian dengan hal tersebut. Bisa jadi kamu sedang mengalami Writer’s Block, sehingga kamu kehilangan semangat hidup dan melakukan hal yang merusak tubuhmu. 



Cara Menghadapi Writer’s Block 



cara menghadapi writer's block dengan mudah

Cara menghadapinya dengan mudah/ Sumber: IDN Times


Tidak ada masalah yang tidak dapat selesaikan. Begitu juga dengan Writer’s Block, kamu pasti bisa menyelesaikan hal tersebut segera dan kembali seperti dirimu yang sebelumnya. Nah, untuk mengatasinya, kamu dapat mencoba beberapa tips berikut ini: 



  1. Cari Tahu Akarnya


Ketika merasa tidak dapat memperbaiki apa yang kamu alami saat ini, jangan merasa pupus dan putus asa. Kamu perlu mencari tahu sampai ke akar-akarnya apa sih penyebab dari hal tersebut. 


Mungkin saja kamu merasakan hal ini dikarenakan jadwalmu yang terlalu padat, kerjaan yang menumpuk, bosan dengan jenis pekerjaan yang kamu lakukan, atau alasan-alasan lainnya yang membuat kamu kelelahan. 


Ketika telah mengetahui akarnya, kamu dapat segera menyusun rencana segera untuk mengembalikan hal tersebut. 



  1. Jangan Merasa Malu


Ketika sedang bekerja sebagai penulis, harga dirimu pasti terletak pada kreatifitasmu. Namun, ketika sedang tidak menghasilkan sesuatu yang baru dan kreatif, kamu mungkin merasa mendapat pukulan yang bertubi-tubi bagi harga dirimu. 


Hal tersebut membuatmu bertanya-tanya terhadap kesalahan yang ada pada dirimu dan membuatmu menekan diri semakin kuat lagi. Semakin lama kamu menekan dirimu, kamu tentunya malah akan semakin lelah dan lelah dan writer’s block yang kamu rasakan tidak akan kunjung membaik.  


Untuk itu, kamu perlu menyadari bahwa kreativitas merupakan sebuah proses dan bukan sesuatu yang datang tiba-tiba. Kamu perlu menerima kelelahan yang sedang kamu alami dan jangan merasa malu bahwa kamu sedang mengalami Writer’s Block. 


Buang semua pikiran-pikiran negatif yang muncul dan isi pikiranmu dengan hal-hal yang positif, sehingga pikiran dalam dirimu juga dapat kembali dengan semakin kreatif. 



  1. Ambil Sedikit Istirahat 


Istirahat selalu menjadi opsi yang wajib kamu lakukan ketika mengalami kelelahan. Kamu biasanya tidur, pergi berjalan kaki singkat, dan minum sedikit kopi. Namun, apabila kamu mengalami Writer’s Block, kamu mungkin membutuhkan sesuatu yang lebih dari itu. 


Kamu perlu mengambil istirahat sepenuhnya dari pekerjaanmu dan memanfaatkan cuti libur-mu. Kamu dapat menggunakannya untuk pergi berlibur ke tempat-tempat baru dan mencari suasana baru yang lebih baik. Ketika berlibur, kamu juga perlu menyembuhkan dirimu sepenuhnya dan meninggalkan kecemasan-kecemasan yang dirasakan


Dengan demikian, ketika kamu pulang dari liburanmu dan kembali kerja, kamu dapat memulai semuanya dari awal dan belajar memperbaiki hal tersebut. 



  1. Cari Dukungan dari Orang di Sekitar 


Manusia merupakan mahluk sosial yang selalu membutuhkan manusia lain dalam kehidupannya. Hal ini juga berlaku untuk kamu yang merupakan mahluk sosial. 


Ketika merasakan Writer’s Block, kamu mungkin merasa terisolasi dan stuck di pikiranmu sendiri. Nah, ketika kamu mengalami hal tersebut, disaat itu pula kamu membutuhkan seorang support system seperti keluarga, teman, terapis, pacar, mentor, dan siapapun itu. 


Ketika kamu memiliki orang yang akan mendukungmu di setiap situasi hidupmu, kamu dapat segera melewati Writer’s Block tersebut dengan secepatnya. 


Untuk itu, jangan takut untuk segera meminta bantuan mereka ketika kamu sedang mengalami kesulitan dan jangan merasa malu atau takut dengan apa yang sedang kamu alami saat ini. 



  1. Lihat Kembali Pekerjaanmu yang Sebelumnya


Ketika kamu mengalami Writer’s Block dan meragukan kemampuanmu sendiri, kamu mungkin melupakan pencapaian-pencapaian yang pernah kamu dapatkan dan fokus pada tantangan yang dihadapi saat ini. 


Nah, untuk itu kamu perlu melihat hal-hal yang pernah kamu lakukan sebelumnya dan bagaimana pencapaianmu. Kamu dapat memikirkan kembali bagaimana cara kamu mencapai hal tersebut dengan mudah dan penuh kerja keras. 


Kamu juga dapat menyalurkan perasaanmu dan mengatasi keragunamu dengan melihat pekerjaanmu di masa lalu. 


Berikut beberapa tips yang dapat kamu hadapi ketika mengalami Writer’s Block. Semangat dan jangan pantang menyerah ketika kamu menghadapi hal tersebut dan lakukan tips-tips diatas agar Writer’s Block yang kamu alami dapat selesai dengan cepat. 


Nah, untuk kamu yang ingin belajar dari awal lagi mengenai cara menulis copywriting, kamu dapat mengikuti layanan bootcamp Digital Marketing dari Dibimbing.id. 


Disana kamu akan diajarkan secara lengkap mengenai cara tulis menulis copywriting bersama dengan mentor-mentor yang punya tulisan keren-keren. 


Yuk, jangan berlama-lama lagi! Segera upgrade dirimu bersama Dibimbing.id.


Share

Author Image

Kezia Margaretha

Content writer yang (masih) banyak pengen tau ini itu.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!