Cara Membuat Diagram Batang di Excel: Tips Mudah & Lengkap!

Muthiatur Rohmah

•

01 March 2024

•

220

Image Banner

Saat menggunakan microsoft excel untuk analisis data, Sobat MinDi juga perlu memperhatikan visualisasi data agar tampilan data terlihat informatif.


Salah satu fitur excel yang mendukung visualisasi data menjadi lebih menarik dan sistematis adalah diagram batang.


Diagram batang adalah representasi grafis dari data excel berbentuk batang horizontal atau vertikal untuk menunjukkan perbandingan antara kategori atau variabel.


Diagram batang berfungsi untuk visualisasi data excel berdasarkan kategori atau variabel tertentu, sehingga saat disajikan data bersifat mudah dibaca.


Bagaimana cara membuat diagram batang di excel?



Cara Membuat Diagram Batang di Excel



Membuat diagram batang di Excel merupakan proses yang sederhana dan dapat dilakukan dengan beberapa langkah mudah berikut:



1. Siapkan Data


Pertama, siapkan data  dalam bentuk tabel. Pastikan data terorganisir dengan baik, dengan kolom yang mewakili kategori atau variabel yang berbeda dan baris yang mewakili nilai untuk setiap kategori tersebut.


Blok atau pilih seluruh data yang ingin digunakan untuk membuat diagram batang, termasuk judul kolom.



2. Pilih Jenis Diagram Batang


Setelah data dipilih,  pilih tab 'Insert' pada ribbon Excel. Kemudian pada 'Charts', klik pada ikon 'Bar Chart' . Terdapat beberapa jenis diagram batang, seperti Bar Chart, Column Chart, lalu pilihlah jenis diagram yang paling sesuai dengan kebutuhan.


3. Simpan Diagram


Setelah memilih jenis diagram, diagram batang akan secara otomatis dibuat oleh Excel. Sobat MinDi dapat menyesuaikan diagram ini lebih lanjut dengan menggunakan alat desain dan format yang tersedia. 


Setelah diagram batang selesai dan disesuaikan, simpan dokumen Excel atau ekspor diagram sebagai gambar jika perlu.





Mengikuti langkah-langkah membuat diagram batang yang efektif di Excel, dapat memudahkan analisis dan presentasi data. Sebab diagram batang dapat membantu visualisasi data secara informatif dan efisien.


Baca Juga: Kenali Cara Membuat Tabel di Excel Agar Data Mudah Dikelola




Cara Menyesuaikan Diagram Batang


Setelah dapat membuat diagram batang di excel, Sobat MinDi perlu memahami cara menyesuaikan diagram tersebut agar cocok dengan visualisasi data yang diharapkan.


Menyesuaikan diagram batang pada data dapat meliputi: cara mengubah judul, cara mengubah warna diagram, dan cara mengubah style diagram.


Yuk simak cara menyesuaikan diagram batang di excel berikut ini.




1. Mengubah Judul Diagram


Pilih diagram batang dengan mengkliknya. Klik pada area judul diagram (jika sudah ada judul, langsung edit; jika belum, klik area di atas diagram lalu  "Chart Title" akan muncul kemudian masukkan judul yang diinginkan.




2. Mengubah Style dan Warna Diagram


Pastikan diagram batang telah dipilih. Lalu arahkan kursor ke tab 'Design' pada ribbon Excel, yang akan muncul setelah memilih diagram.


Di dalam tab 'Design', Anda akan melihat berbagai pilihan 'Chart Styles'. Klik salah satu style untuk menerapkannya ke diagram. Kamu juga dapat mengeklik panah dropdown untuk melihat lebih banyak pilihan.


Untuk mengubah warna, tetap pada tab Design, cari opsi 'Change Colors' dan pilih skema warna yang diinginkan dari pilihan yang tersedia.




3. Mengubah Tampilan Sumbu Diagram


Klik kanan pada sumbu yang ingin Anda sesuaikan (misalnya sumbu X atau Y).  Pilih 'Format Axis' untuk membuka panel pengaturan, lalu kamu bisa mengubah batas sumbu, interval tick, format angka, dan lain-lain.




Sobat MinDi, mempelajari diagram batang di excel merupakan hal yang penting, agar visualisasi data bersifat informatif dan lebih menarik.


Baca Juga: Menyusun Laporan Keuangan dengan Excel: Pelatihan Intensif


Dalam dunia kerja, skill excel merupakan hal yang harus dikuasai setiap individu, sebab excel merupakan aplikasi penting hampir di setiap bidang pekerjaan. Dengan skill excel yang expert, tingkat produktivitas karyawan akan meningkat dan berdampak baik bagi perusahaan.


Oleh sebab itu, penting bagi perusahaan untuk menyediakan wadah pengembangan skill dan potensi karyawan. 


Anda dapat bergabung bersama corporate training dibimbing.id, sebuah training karyawan terbaik dan siap membantu mewujudkan SDM unggul dan kompetitif bagi perusahaan Anda.


Tunggu apalagi? segera daftarkan perusahaan Anda di sini! lalu nikmati peningkatan kinerja karyawan setelah lulus training. Apapun tujuan bisnismu, dibimbing.id siap #BimbingSampeJadi skill dan potensi karyawan Anda.

Share

Author Image

Muthiatur Rohmah

Muthia adalah seorang Content Writer dengan kurang lebih satu tahun pengalaman. Muthia seorang lulusan Sastra Indonesia yang hobi menonton dan menulis. Sebagai SEO Content Writer Dibimbing, Ia telah menulis berbagai konten yang berkaitan dengan Human Resources, Business Intelligence, Web Development, Product Management dan Digital Marketing.

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!