5 Cara Jualan di TikTok Agar Tokomu Banjir Orderan
Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi
•
20 June 2024
•
2198
Mau bisnismu dikenal lebih luas dan mendapatkan banyak orderan tanpa harus mengeluarkan biaya iklan yang besar? TikTok adalah solusinya!
Platform ini bukan hanya tempat untuk bersenang-senang, tapi juga peluang emas untuk membangun bisnismu lewat TikTok Shop.
Penasaran bagaimana cara jualan di TikTok? Yuk, simak 5 caranya di bawah ini!
Apa Itu TikTok Shop?
Menggunakan TikTok Shop adalah cara jualan di TikTok paling utama. Dilansir dari Fourth Wall, TikTok Shop adalah e-commerce yang terintegrasi langsung dalam aplikasi media sosial TikTok.
Platform ini memungkinkan pengguna membuat akun bisnis untuk menjual produk secara langsung di sini.
Platform ini menyediakan berbagai fitur untuk mengelola toko online. Mulai dari pengelolaan katalog produk, pemenuhan pesananan, hingga layanan konsumen.
Di samping itu, TikTok shop juga menawarkan analitik mendalam untuk membantu kreator melancak performa penjualan.
Kreator atau penjual juga bisa mengidentifikasi tren hingga mengoptimalkan penawaran produk agar sesuai preferensi audiens dengan analitiknya.
Secara keseluruhan, TikTok shop memberikan dukungan lengkap dari awal hingga akhir dalam proses e-commerce.
Siapa yang Bisa Pakai TikTok Shop?
TikTok shop adalah fitur yang tersedia untuk beragam pengguna. Ini termasuk penjual, kreator, mitra, dan afiliasi. Berikut ini adalah ringkasan singkat tentang siapa saja yang bisa menggunakan TikTok Shop:
- Penjual: Perusahaan atau pedagang yang ingin memperluas kehadiran e-commerce mereka. Penjual harus berada di wilyah tertentu di Asia, Eropa, dan Amerika.
- Kreator: Individu yang membuat konten hiburan dan ingin memonetisasi. Mereka harus berusia minimal 18 tahun dengan minimal 1.000 pengikut.
- Afiliasi: Kreator dan penjual yang bekerja sama untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan produk.
- Mitra: Seorang profesional yang menawarkan layanan pemasaran dan e-commerce. Biasanya, mereka berasal dari agensi pemasaran digital atau e-commerce.
Apa Keuntungan Punya TikTok Shop?
Ada beragam keuntungan untungan yang bisa kamu dapatkan ketika memakai TikTok Shop untuk berjualan. Berikut adalah beragam keuntungannya:
Monetisasi Konten Melalui Penjualan Langsung
Dengan TikTok Shop, kreator dapat menjual produk langsung kepada audiens mereka. Ini bisa dilakukan dengan menambahkannya ke dalam video yang diunggah.
Fitur tersebut bisa mempermudah proses transaksi bagi pelanggan mereka.
Menambah Sumber Pendapatan
TikTok Shop menyediakan sumber pendapatan tambahan bagi kreator. Hal ini membantu mereka untuk mendiversifikasi aliran pendapatan dan menciptakan bisnis yang berkelanjutan.
Dengan menambahkan TikTok Shop ke dalam strategi monetisasi, kreator dapat memanfaatkan komunitas mereka untuk memperluas penjualan produk.
Pada akhirnya, hal tersebut akan meningkatkan penghasilan mereka secara online.
Meningkatkan Jangkauan dan Kemampuan Ditemukan
TikTok Shop dapat membantu kreator memperluas jangkauan dan kemampuan ditemukan. Hal ini mungkin dilakukan dengan memamerkan produk mereka kepada pengikut.
Dengan menggunakan TikTok Shop, kreator dapat menjangkau basis pengguna TikTok yang besar dan menemukan audiens baru.
Ini nantinya akan menghubungkan mereka dengan pelanggan potensial yang mungkin belum menemukan produk mereka sebelumnya.
Bagaimana Cara Membuat Akun TikTok Shop?
Mulai tertarik untuk berjualan di TikTok Shop? Kamu bisa mulai buat akun bisnismu! Untuk bantu kamu, MinDi sudah siapkan panduannya di bawah ini.
Berikut adalah cara mudah membuat akun TikTok Shop untuk memanfaatkan fitur belanja online di profilmu:
Buat Akun Bisnis di TikTok
Langkah pertama adalah membuat akun bisnis di TikTok. Tenang saja! Ini gratis dan mudah dilakukan, kok.
Dengan akun bisnis, kamu akan mendapatkan akses ke fitur lanjutan seperti analitik canggih dan akses ke TikTok Ads Manager.
Daftar Dirimu ke TikTok Shop
Selanjutnya, pergilah ke portal pendaftaran penjual TikTok dan lengkapi aplikasi pendaftaran. Kamu perlu mengunggah dokumen yang dibutuhkan.
Beberapa dokumen yang diperlukan adalah identitas diri, bukti tempat tinggal, dan bukti kepemilikan bisnis. Pastikan semua informasi yang kamu berikan akurat dan lengkap.
Tunggu Hasilnya
Setelah mengajukan aplikasi, kamu akan menerima email konfirmasi hasilnya dalam satu sampai dua hari. Jika aplikasimu diterima, kamu akan bisa menggunakan fitur belanja TikTok.
Hubungkan Akunmu dan Mulai Berjualan
Langkah terakhir adalah menghubungkan akun TikTokmu dengan TikTok Shop. Setelah itu, kamu sudah bisa menambahkan produ. Lalu, kamu bisa mempromosikan tokomu di bio dan konten yang telah dibuat.
5 Tips Agar Akun TikTok Shop Kamu Ramai
Sumber: Freepik
Kalau sudah buat akunnya tapi masih bingung gimana optimasi toko supaya ramai, kamu tidak perlu khawatir!
Di bagian ini, MinDi bakal kasih beberapa tips agar akun TikTok Shop kamu ramai pengunjung. Berikut adalah beberapa tipsnya:
Optimalkan Katalog Produk TikTokmu
Pastikan produkmu menonjol di TikTok Shop dengan mengoptimalkan katalog produk. Gunakan gambar berkualitas tinggi yang menarik secara visual dan memperlihatkan fitur unik produkmu.
Kamu juga harus buat deskripsi produk yang jelas dan menarik. Usahakan untuk buat deskripsi yang menonjolkan keuntungan produk dan menjawab pertanyaan yang mungkin dimiliki audiens.
Jangan lupa menggunakan hashtag yang relevan dengan produkmu untuk memudahkan pembeli menemukannya.
Jelaskan Langkah Pembelian ke Audiensmu
Sebagai kreator, kamu perlu memudahkan pengikutmu untuk membeli produk yang kamu jual. Setelah akun TikTok Shopmu siap, jelaskan kepada audiens cara membeli produkmu.
Sertakan ajakan bertindak dalam videomu. Lalu, arahkan audiens ke tokomu serta sediakan link belanja dalam caption video.
Semakin banyak informasi yang kamu berikan tentang cara pembelian, makin besar pula kemungkinan viewer akan tertarik untuk membeli.
Promosikan Toko TikTokmu
Untuk meningkatkan trafik ke TikTok Shopmu, promosikanlah secara aktif. Buatlah video khusus yang mempromosikan produk yang kamu jual.
Pastikan untuk menciptakan konten yang menarik dan menyenangkan serta menunjukkan keuntungan produkmu. Lalu, kamu juga bisa adakan penjualan atau promosi lainnya.
Kolaborasi dengan Kreator dan Influencer Lain
Berkolaborasi dengan kreator dan influencer lain bisa sangat efektif untuk mempromosikan TikTok Shopmu dan menjangkau audiens baru.
Kamu bisa berkolaborasi dalam peluncuran produk bersama. Atau, membuat video yang mempromosikan produk satu sama lain.
Bahkan, kamu bisa merancang kolaborasi khusus yang membantu menjangkau audiens di luar pengikutmu saat ini.
Manfaatkan Ulasan dan Testimoni
Ulasan dan testimoni dari pengguna yang puas bisa sangat mempengaruhi keputusan pembelian calon pembeli baru.
Pastikan untuk menampilkan ulasan positif dan testimoni di halaman produkmu dan konten yang kamu buat.
Hal ini tidak hanya meningkatkan kredibilitas tapi juga memberikan bukti sosial yang dapat memikat pembeli potensial.
Kesimpulan
Secara keseluruhan, berjualan di TikTok menawarkan peluang yang besar. Cara jualan di TikTok ini ditandai oleh kemudahan penggunaan serta integrasi langsung dengan fitur media sosial yang ada.
Berjualan di TikTok tidak hanya tentang menampilkan produk, tapi juga bagaimana mengintegrasikan konten kreatif yang menarik audiens.
Untuk mengoptimalkan jualanmu, MinDi rekomendasikan kamu untuk ikut Bootcamp Digital Marketing dibimbing.id.
Dalam bootcamp ini, kamu akan diajarkan semua aspek pemasaran digital, termasuk social media marketing hingga SEO.
Kamu bakal diajarkan mulai dari dasar hingga praktik dengan proyek kasus nyata. Bukan cuma itu, kamu juga akan dijamin mendapatkan pekerjaan setelah menyelesaikan program.
Hal ini sudah dibuktikan oleh 94% lulusan Dibimbing yang sukses dapat pekerjaan. Tertarik untuk mengembangkan keahlianmu?
Daftarkan dirimu sekarang dan bangun kemampuan digital marketing kamu bersama Dibimbing.id!
Referensi
- Shop & Scroll: A Deep Dive into TikTok Shops [Buka]
- TikTok Shopping: Everything You Need to Know to Start Selling [Buka]
Tags
Siti Khadijah Azzukhruf Firdausi
Khadijah adalah SEO Content Writer di Dibimbing dengan pengalaman menulis konten selama kurang lebih setahun. Sebagai lulusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berminat tinggi di digital marketing, Khadijah aktif berbagi pandangan tentang industri ini. Berbagai topik yang dieksplorasinya mencakup digital marketing, project management, data science, web development, dan career preparation.