dibimbing.id - Apa itu Reels Instagram, Manfaat dan Fitur-Fiturnya

Apa itu Reels Instagram, Manfaat dan Fitur-Fiturnya

Dibimbing.id

•

21 August 2024

•

77

Image Banner

Instagram Reels merupakan fitur baru yang diluncurkan oleh media sosial Instagram. Penggunaan aplikasi instagram dilakukan dengan upload foto, membagikan ke story, maka dengan menggunakan reels membuat ide kreatifmu semakin terasah. 

Fitur ini dibuat untuk bersaing dengan aplikasi kompetitor yaitu Tik Tok, perubahan pada instagram memang ditujukan agar penggunanya tetap stay atau betah untuk menggunakan aplikasi tersebut. 

Salah satu caranya yaitu dengan memunculkan fitur-fitur baru dan pada 5 Agustus 2020 Instagram meluncurkan fitur baru kepada 50 negara bagi pengguna Android maupun iOS. 


Apa itu Reels Instagram?  


Reels adalah fitur baru di Instagram yang bisa memperluas jangkauan akun (engagement) dan dapat meraih followers yang lebih efektif. Reels merupakan video pendek yang memiliki orientasi vertikal berdurasi maksimal mencapai 90 detik serta bisa diedit dengan menambahkan filter, efek, teks, suara sebelum upload di Instagram. 

Instagram juga pernah merilis fitur yang sama dengan Instagram video, namun dengan fitur ini akses editingnya terbatas serta durasinya bisa lebih panjang yaitu sampai dengan 60 menit. 


Manfaat Reels Instagram


Reels didukung penuh untuk proses editing yang luas serta memiliki manfaat lebih bagi para content creator. Instagram juga meluncurkan Reels template yang mana user bisa menggunakannya secara gratis. 


1. Peningkatan terhadap traffic 


Reels memiliki jangkauan yang luas sehingga mampu untuk meningkatkan traffic, audiens juga tertarik dengan suatu Reels yang berpotensi untuk mendapatkan banyak like, komen, share, atau mengunjungi profil pemilik konten. Aktivitas ini digunakan untuk meningkatkan engagement rate serta followers pada suatu akun. 


2. Menaikkan brand awareness


Reels merupakan alat yang sangat tepat untuk memperlihatkan sisi kreatif dan inovatif seseorang dalam membuat sebuah konten. Ada banyak reels yang bisa di-upload setiap harinya, membuat konten Reels yang unik serta berbeda sehingga bisa gampang dikenal. 


3. Dapat di-upload ke sosial media lainnya 


Rasio dari video reels yang baik yaitu 9:16 dengan dimensi 1.080 pixel x 1.930 pixel, maka dengan ukuran ini user bisa meng-upload video reels pada media sosial lain seperti Facebook, TikTok, dan YouTube Shorts. 


4. Jangkauan audiensnya jauh lebih luas 


Peluncuran dari algoritma Instagram berfokus terhadap konten video daripada foto. Reels juga didukung dengan fitur yang bisa menambahkan musik dan pilihan trending audio, jadi saat user memasukan audio yang sedang tren ke dalam Reels, otomatis reels nya akan ditampilkan ke dalam konten lain yang menggunakan audio tersebut. 

Hal ini membuat konten Reels mudah untuk dilihat orang lain, bahkan dengan followers yang sedikit bisa memiliki jumlah viewer Reels hingga ribuan.

Fitur Reels Instagram


Berikut fitur-fitur reels instagram: 


Audio 


Salah satu fitur dari instagram reels, yang mana terdiri dari audio original atau juga milik orang lain. 


Effect 


Menambahkan efek ke dalam video Reels bisa berupa filter atau efek guna mengubah penampilan objek di dalam video. 


Green screen 


Menyisipkan foto atau video lainnya sebagai background dari video Reels. 


Add yours 


Menyisipkan stiker Add Yours masuk ke dalam Video Reels. 


Speed 


User bisa mempercepat atau memperlambat bagian dari video atau audio yang dipilih. 


Length 


User yang bisa digunakan untuk memilih durasi Reels yang akan dibuat yaitu 15 detik, 30 detik, 60 detik, dan paling maksimal 90 detik. Video ini bisa diambil langsung dalam Instagram dalam sekali pengambilan atau beberapa kali take dengan durasi total 90 detik. 


Video layout 


User bisa membuat kolase dari dua sampai dengan tiga video. 


Gesture control 


User bisa memulai untuk menghentikan rekaman video dengan menggunakan gestur tangan. 


Time and countdown


Bisa memulai untuk merekam video secara handsfree dengan hitungan mundur. Jadi user bisa bersiap terlebih dahulu sebelum merekam video langsung. 


Draw


User bisa menggambar dalam Reels untuk menunjukan adanya kreativitas dalam video yang sudah mereka buat. 


Duet


User bisa di duetkan atau remix dengan milik orang lain atau video orang lain. 


Editing tools 


User bisa memotong, menambahkan klip, serta menyisipkan audio, teks, atau stiker pada bagian reels yang diinginkan. 


Edit cover 


Sebelum dipublikasikan user bisa memilih cover reels yang diinginkan serta diatur dengan tampilan feeds. 


Yuk Gabung Bootcamp Digital Marketing!


Reels Instagram sangat membantu kamu yang ingin meneruskan karir menjadi content creator dan mengasah kreatifitas untuk membuat video yang bagus dan unik. Gimana udah tertarik jadi content creator belum? 

Kamu bisa dapatkan pelajaran dan ilmu lengkapnya tentang social media di Bootcamp Digital Marketing dibimbing.id, selama belajar Bootcamp di sini kamu akan diajari mulai dari nol sehingga mampu memahami dengan baik. Sobat Mindi akan dilatih mulai dari nol oleh ahli-ahli dari bidangnya dan tentunya sudah pengalaman ya!

Mulai sekarang yuk gabung di Bootcamp Dibimbing dan raih cita-cita kamu dalam dunia marketing!

Share

Author Image

Dibimbing.id

dibimbing.id mendukung penuh para pemilik growth mindset untuk selalu mengembangkan diri melalui belajar online dan berkarier!

Hi!👋

Kalau kamu butuh bantuan,

hubungi kami via WhatsApp ya!