Blog

/

Data Science

/

Data Scientist Indonesia Jadi Profesi Menjanjikan, Ini Alasannya

Data Scientist Indonesia Jadi Profesi Menjanjikan, Ini Alasannya

Dibimbing.id

01 August 2022

1894

Image Banner

Akhir-akhir ini profesi Data Scientist menjadi salah satu profesi yang banyak dicari di Indonesia. Bahkan diperkirakan Data Scientist Indonesia bakal menjadi profesi yang memiliki prospek kerja yang cerah. Tapi Sobat MinDi penasaran gak sih alasannya? Apa saja yang menjadikan profesi kerja yang satu ini selalu digadang-gadang menjadi profesi yang menjanjikan?

Tapi Sobat MinDi gak usah khawatir, MinDi bakal bantu jawab semua pertanyaan-pertanyaan kamu tentang Data Scientist Indonesia. Yuk simak artikel ini sampai habis biar kamu gak penasaran lagi!

Alasan Data Scientist Indonesia Jadi Profesi yang Menjanjikan

Data Scientist merupakan profesi yang bertugas untuk mengumpulkan, mengolah, dan menganalisa data. Ibaratnya nih kayak pilot. Kalau pilot memegang kendali atas arah dan jalannya pesawat, sementara Data Scientist ini memegang kendali atas pengolahan data suatu perusahaan atau organisasi. Nah data ini nantinya akan dimanfaatkan oleh perusahaan sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil tindakan dan keputusan. Lalu kenapa profesi ini menjadi sangat populer akhir-akhir ini? Ini alasannya:

  1. Menjadi pendukung sector digital tanah air

Di abad 21 ini, internet menjadi salah satu hal yang penting untuk kemajuan negara. Bisa dilihat nih Sobat MinDI, bahwa sekarang udah banyak banget bermunculan startup digital yang mewarnai ekonomi Indonesia. Artinya, sekarang itu lagi gencar-gencarnya pembangunan ekonomi digital di Indonesia. 

Nah sementara itu, mewujudkan digitalisasi di Indonesia akan erat kaitannya dengan penggunaan big data, machine learning, dan Internet of Things (IoT). Ketiga hal itulah yang nantinya menjadi tanggung jawab dari seorang Data Scientist. Itulah kenapa Data Scientist jadi pekerjaan yang popular banget akhir-akhir ini. 

  1. Pentingnya Big Data pada masa kini

Pengolahan big data sangat penting untuk perkembangan digitalisasi

Masih membahas soal keberadaan big data, machine learning, dan Internet of Things (IoT). Ketiga hal tersebut menjadi poin yang sangat penting dan menjadi alasan profesi Data Scientist sangat dicari-cari saat ini. Sobat MinDi penasaran gak sih kenapa tiga hal tersebut sangat penting? 

Seperti yang Sobat MinDi tahu bahwa kini media sosial menjadi salah satu tools penunjang kehidupan kita. Kita bisa jualan melalui media sosial, bisa membuat konten yang menarik dan melakukan monetisasinya, dan masih banyak lagi. Nah karena manfaat media sosial yang begitu besar, akhirnya kini pengguna media sosial semakin banyak. 

Media sosial juga akan banyak menyimpan data yang diberikan oleh user, mulai dari preferensi kita, lokasi kita, dan informasi lainnya. Hal ini juga akan mengembangkan machine learning algorithms agar setiap aplikasi mampu menyajikan konten-konten yang sesuai preferensi dan kebutuhan, Sobat MinDi. Nah  coba Sobat MinDi tebak, siapa orang yang bekerja dibalik pengolahan data tersebut hingga kamu bisa mendapatkan konten-konten yang sesuai dengan preferensi kamu?

Yap benar, Data Scientist! Secara sederhana bisa dibilang bahwa kepopuleran Data Scientist ini berkembang sejalan dengan kemajuan teknologi, big data, machine learning, dan Internet of Things (IoT). 

  1. Banyak dicari oleh perusahaan besar

Data Science akan sangat penting untuk kemajuan perusahaan

Nah, setelah membaca betapa pentingnya keberadaan seorang Data Scientist di masa kini, Sobat MinDi pasti gak akan heran bukan kalau banyak perusahaan besar yang gencar membuka lowongan pekerjaan ini? Dalam menyikapi perubahan zaman dan teknologi, setiap perusahaan juga akan menyadari betapa pentingnya big data untuk menjawab permasalahan yang ada dan menjadi masukan untuk mengambil keputusan. 

Jadi kalau kamu sedang menekuni profesi ini, gak usah khawatir, deh. Pasti akan banyak perusahaan yang mengantri kok. Peluang untuk bekerja di perusahaan besar akan terbuka lebar! 

  1. Gajinya fantastis! 

Kalau dilihat dari pembahasan sebelumnya, seorang Data Scientist ini bisa dibilang profesi vital yang sangat penting buat kemajuan suatu perusahaan, kan? Jadi gak heran kalau gaji yang ditawarkan juga bakalan fantastis nih, Sobat MinDi. Coba nih tebak berapa sih gaji yang ditawarkan untuk Junior Data Scientist

Dilansir dari Quipper, gaji yang diperoleh Junior Data Scientist berkisar di angka 5 hingga 7 juta rupiah. Wah, start yang sangat menggiurkan ya, Sobat MinDi. Sementara menurut Neuvoo, gaji rata-rata untuk Senior Data Scientist ini bisa mencapai nilai 10 hingga 20 juta, lho!!

Hmmm, ini mah menggiurkan banget. Kamu tertarik buat mendalami profesi ini gak nih, Sobat MinDi?


Nah itu dia beberapa alasan mengapa Data Scientist Indonesia jadi profesi yang sangat populer dan bisa dibilang sangat menjanjikan di masa kini. Kira-kira Sobat MinDi tertarik gak nih untuk jadi Data Scientist Indonesia? 

Atau sedang bingung mencari-cari tempat yang tepat untuk belajar Data Science? Tenang, dibimbing.id menyediakan Bootcamp Data Science, lho. Sobat MinDi yang tertarik mendalami profesi ini, wajib banget nih untuk daftar bootcamp ini. Dengan mengikuti bootcamp ini, kamu berkesempatan untuk belajar Data Science secara intensif Bersama expert. Benefit lain yang bakal Sobat MinDi dapat juga gak kalah menarik, lho!

Mulai dari live class zoom selama 35 pertemuan, 20 lebih video learning, Sobat MinDi juga akan langsung mempraktikkan ilmu yang udah didapat di setiap pertemuan, dan final project yang bakalan mengasah kemampuan kamu. Ditambah lagi ada materi tambahan Business English bersertifikat yang bisa kamu gunakan untuk persiapan kerja, lho!

Gak sampai disitu aja, Sobat MinDi juga bisa konsultasi pribadi bersama mentor yang berpengalaman, lho. Menariknya lagi, bootcamp ini juga bakal menyediakan  program penyaluran kerja!

Nah, tunggu apalagi nih, Sobat MinDi? Data Scientist bakalan menjadi profesi yang dicari-cari banyak perusahaan besar, lho! Yuk segera daftar disini




Referensi:

APA Saja Perkembangan data science & machine learning ? | Techfor.id. (2020, January 10). TechForID. https://www.techfor.id/perkembangan-machine-learning/

Data scientist: Prospek Karier Yang Menjanjikan Di masa Depan. ITEBA - Institut Teknologi Batam. (2021, March 30). https://iteba.ac.id/blog/prospek-karier-data-scientist-menjanjikan/

Hans, R. (2021, May 5). APA ITU data scientist? 3 Alasan Mengapa Pekerjaan Ini Sangat Menjanjikan! DQLab | Kursus Data Science Online Indonesia R Python. https://www.dqlab.id/alasan-mengapa-data-scientist-pekerjaan-ini-sangat-menjanjikan

Mengenal Profesi data scientist dalam Mengelola data. (2021, 26). Sekawan Media | Software House & System Integrator Indonesia. https://www.sekawanmedia.co.id/blog/data-scientist/


Share

Author Image

Dibimbing.id

dibimbing.id mendukung penuh para pemilik growth mindset untuk selalu mengembangkan diri melalui belajar online dan berkarier!

Artikel Terkait