Pengertian dan 5 Komponen Penting Pemasaran Digital

Oleh: Amira Kartika Rochman

Beberapa tahun belakangan ini rasanya semua hal udah mulai beralih jadi serba digital dan online. Gak cuma dari segi hiburan aja, bahkan untuk hal-hal yang berkaitan sama bisnis pun hal ini juga berlaku. Ada banyak banget perusahaan yang mulai gencar memanfaatkan internet untuk mempromosikan brand dan produk mereka. Nah, hal ini biasa disebut sebagai digital marketing atau pemasaran digital.

Di artikel kali ini, kita bakal membahas tentang pengertian dan 5 komponen penting digital marketing atau pemasaran digital. Buat yang pengen tau lebih lengkapnya, yuk langsung baca aja artikel ini sampai akhir!

Apa itu Digital Marketing?

Digital Marketing dan 5 Komponennya
Sumber: Mikael Blomkvist on Pexels

Sesuai namanya, digital marketing ini adalah kegiatan pemasaran atau promosi yang menggunakan internet dan teknologi digital sebagai medianya untuk menjangkau konsumen. Dan karena menggunakan internet sebagai medianya, digital marketing ini jadi salah satu strategi pamungkas perusahaan untuk memasarkan produk mereka dengan lebih luas lagi tanpa harus dibatasi oleh ruang dan waktu. 

Mungkin banyak yang bertanya-tanya juga nih, kenapa sih digital marketing ini ramai banget diterapkan banyak perusahaan? Apa sih untungnya menerapkan digital marketing ini?

Kalau dilihat dari internal perusahaan, pemasaran digital ini bisa dibilang lebih menguntungkan dibanding pemasaran tradisional karena gak membutuhkan dana dan energi yang besar dalam menjalankannya. Sementara kalau ditinjau dari konsumen, pemasaran digital ini mempunyai prospek yang bagus karena semakin kesini semakin banyak orang yang menggunakan dan menghabiskan waktu mereka di internet.

Dilansir DataReportal, pengguna internet di Indonesia per Januari 2021 yang lalu bahkan sudah mencapai angka 202,6 juta orang. Dan waktu rata-rata penggunaan internet per harinya juga bisa dibilang cukup tinggi, yaitu sekitar 8 jam 56 menit. Karenanya, tentu data ini menarik banyak perusahaan untuk mulai step up their game dan melancarkan kegiatan promosi mereka secara digital juga.

Apalagi di tengah pandemi seperti saat ini, rasanya semua hal terpaksa untuk dialihkan menjadi serba online dan digital. Dalam dunia marketing, pemasaran tradisional udah gak lagi efektif dilakukan karena banyak orang yang memilih tinggal di rumah aja dan sebisa mungkin menghindari kontak dengan orang asing. Otomatis untuk bisa tetap menjangkau konsumen dan mencapai target penjualan, digital marketing atau pemasaran digital ini pun benar-benar perlu untuk dilakukan.

Apa Aja Sih Komponen Penting Digital Marketing?

Sumber: Tracy Le Blanc on Pexels

Setelah membahas pengertian dan sedikit benefitnya, pasti udah mulai terbayang kan seperti apa konsep dari digital marketing ini?

Karenanya, selanjutnya kita bakal membahas tentang 5 komponen penting dari digital marketing. Eits, tapi gak perlu takut kesusahan untuk menghapalnya, ya! Karena sebenarnya dalam penggunaan internet sehari-hari, pasti kita juga udah pernah bertemu sama 5 komponen penting digital marketing ini kok.

Contoh mudahnya seperti yang lagi kalian lakukan saat ini, nih. Yang awalnya lagi cari informasi tentang digital marketing, akhirnya kalian jadi mampir ke blog dibimbing.id dan membaca artikel ini. Dari satu kejadian ini aja tanpa sadar kalian udah “bertemu” dengan 2 komponen dari digital marketing, yaitu SEO dan content marketing.

Nah, biar gak pusing dan bisa lebih mudah memahaminya, kita coba bahas aja komponen penting digital marketing ini satu-persatu, ya!

  1. SEO (Search Engine Optimization)
    SEO ini merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, atau yang mungkin bisa diartikan sebagai Pengoptimalan Mesin Pencarian. Mudahnya, SEO ini adalah komponen digital marketing yang meliputi sebuah proses untuk membantu produk kita muncul setidaknya di halaman pertama mesin pencarian seperti Google.

    Kenapa harus ada di halaman pertama? Karena dari sudut pandang seorang user, normalnya kita bakalan memilih apapun yang udah tersedia di halaman pertama aja. Rasanya jarang banget kita harus repot-repot membuka halaman kedua, ketiga dan seterusnya untuk mencari suatu informasi.

    Karenanya, tentu berada di halaman pertama bakalan menguntungkan banget untuk perusahaan. Selain bisa meningkatkan traffic website kita, hal ini juga bisa membantu orang lain untuk mengenal perusahaan kita (brand awareness) dan mendapatkan lebih banyak pelanggan.

  2. SEM (Search Engine Marketing)
    SEM atau Search Engine Marketing merupakan salah satu strategi digital marketing untuk meningkatkan visibilitas website suatu perusahaan baik secara organik maupun melalui iklan berbayar. Mungkin beberapa di antara kalian jadi bertanya-tanya nih, “Apa perbedaan SEM dan SEO?”

    Pada dasarnya, SEM ini merupakan payung dari SEO (Search Engine Optimization) dan PPC (Pay-Per-Click). Dimana seperti yang udah dijelaskan sebelumnya, SEM ini berfungsi untuk meningkatkan visibilitas website secara organik (SEO) maupun melalui iklan berbayar (PPC).

    Tapi seiring berjalannya waktu, terjadi banyak perdebatan tentang bagaimana orang-orang memaknai SEM ini. Dan banyak pula yang akhirnya lebih memilih untuk mengartikan SEM sebagai kebalikan SEO, dimana perusahaan membayar mesin pencarian agar website mereka bisa muncul di halaman pertama.

    Jadi, kalau kalian lagi mencari sesuatu di Google dan menemukan hasil paling atas dengan tulisan Ads, maka hal tersebut bisa kalian kategorikan sebagai bentuk dari pengaplikasian SEM ini.

  3. Content Marketing
    Content Marketing adalah sebuah strategi pemasaran dalam membuat dan menyebarkan konten yang relevan, berkualitas tinggi dan konsisten untuk menarik audiens. Nah, content marketing ini penting banget karena bisa membantu kita dalam memperkenalkan perusahaan kita kepada banyak orang, menciptakan hubungan yang baik dengan audiens dan membuat mereka jadi lebih tertarik untuk mencoba produk-produk kita.

    Untuk bentuk-bentuk dari content marketing ini sendiri ada banyak banget macamnya, contohnya seperti blog, infografis, podcast, e-book, video, social media dan masih banyak lagi. Pokoknya, segala bentuk konten yang dibuat dengan tujuan mempromosikan perusahaan berarti termasuk dalam kategori content marketing ini, ya!

  4. Social Media Marketing
    Kalian pasti udah pada gak asing deh, sama bentuk digital marketing yang satu ini. Social media marketing adalah bentuk pemasaran dengan menggunakan social media untuk terhubung dengan audiens dan mengumpulkan lebih banyak pelanggan.

    Tapi, perlu diingat ya, kalau tujuan dari social media marketing ini gak melulu fokus ke sales atau jumlah penjualan aja. Terkadang social media marketing ini juga dilakukan dengan tujuan meningkatkan brand awareness dan menciptakan hubungan yang lebih erat dengan audiens aja.

    Kalau untuk medianya sendiri nih, pastinya social media marketing ini biasa kita temui di berbagai platform social media seperti Instagram, Twitter, Facebook, YouTube, LinkedIn dan masih banyak lagi.

  5. E-Mail Marketing
    Siapa nih, yang pernah dapet e-mail promosi dari suatu perusahaan? Entah dalam bentuk pengajuan promosi, newsletter, atau update terbaru dari perusahaan tersebut?

    Nah, kalau kamu pernah, berarti kamu udah bertemu langsung sama komponen tertua dari digital marketing yaitu e-mail marketing. Biasanya nih, e-mail marketing ini dikirimkan oleh perusahaan kepada orang-orang yang sudah mendaftarkan e-mail mereka untuk terhubung dengan website perusahaan tersebut.

    Meskipun terbilang old-fashioned, tapi nyatanya e-mail marketing ini juga tetap populer dan efektif banget, lho! Bahkan nih, banyak sumber yang mengatakan bahwa e-mail marketing ini jauh lebih efektif dalam menarik konsumen jika dibandingkan dengan social media marketing.

Nah, itulah pengertian dan 5 komponen penting dari pemasaran digital. Untuk kamu yang pengen belajar lebih lanjut tentang Digital Marketing tapi bingung harus mulai dari mana, kamu bisa banget nih cobain Bootcamp Digital Marketing dari dibimbing.id!

Dengan mengikuti Bootcamp Digital Marketing ini, kamu bakalan diajari tentang seluk-beluk digital marketing oleh mentor-mentor berpengalaman selama 4,5 bulan. Gak cuma itu aja, kamu juga bakalan dapet kesempatan untuk berkonsultasi langsung secara pribadi bersama mereka.

Selain itu, kamu juga bakalan diajak untuk mengasah kemampuanmu ini secara aktif dengan melaksanakan berbagai latihan-latihan praktek di setiap pertemuannya. Dan yang lebih kerennya lagi, bakal ada program penyaluran kerja yang pastinya bakal mempermudah kamu untuk langsung mulai berkarier di bidang digital marketing ini, lho!

Kalau kamu berminat untuk ikutan Bootcamp Digital Marketing ini, kamu bisa mendaftar dan kepoin detail lebih lengkapnya DI SINI.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on whatsapp
WhatsApp

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *