Mengenal UI/UX Design serta Perbedaan UX dan UI

Oleh: Amira Kartika Rochman

Akhir-akhir ini, Sobat MinDi sering banget gak sih lihat kata UI/UX Design seliweran di internet? Entah itu di media sosial atau bahkan di portal lowongan kerja sekali pun. Tapi, kira-kira udah pada tau belum apa sih yang dimaksud UI/UX Design ini dan kenapa sih posisi UI/UX Designer banyak dicari oleh perusahaan?

Buat Sobat MinDi yang pengen tau dan tertarik mempelajari UI/UX Design, di artikel ini kita bakal membahas pengertian UX, pengertian UI, perbedaan UX dan UI serta seberapa penting UI/UX Design ini dalam bisnis. Jadi, baca sampai akhir dan yuk kita masuk ke pembahasannya!

Pengertian UX (User Experience)

User Experience merupakan hal penting dalam UI/UX Design
Photo by UX Indonesia on Unsplash

Yang pertama, kita bakal ngebahas dulu tentang UX yang merupakan singkatan dari User Experience atau pengalaman pelanggan. Wah, apa tuh maksudnya?

UX ini meliputi segala proses desain untuk menciptakan sebuah produk yang bisa memberikan pengalaman yang menyenangkan untuk user. Jadi, bisa dibilang sih, UX ini berfokus pada kegunaan, aksesibilitas dan kepuasan user terhadap produk kita.

Mereka lah yang nantinya bakal bertanggung jawab buat memastikan kalau desain produk kita udah cukup mudah buat dipakai oleh user. Entah dari navigasi-nya, fiturnya atau hal-hal lain yang ada di dalam produk kita.

Kalau Sobat MinDi masih bingung, sekarang MinDi coba kasih contohnya biar lebih mudah dipahami, ya!

Misalkan nih, kita adalah seorang user yang lagi berkunjung ke sebuah website. Nantinya, pengalaman kita ketika berkunjung bakalan jadi hal yang diperhatikan dan dipelajari oleh UX Designer ini.

Mereka bakal mencari tau tuh, kira-kira kita kesusahan gak sih untuk mengakses website tersebut? Kira-kira navigasi yang dibuat udah cukup jelas gak sih untuk kita pahami? Kira-kira website tersebut bikin kita merasa nyaman dan betah gak sih? Kira-kira ke depannya kita bakal kembali mengakses website itu lagi gak sih?

Dan kalau misalkan ternyata jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas adalah “enggak”, berarti hal ini bakalan jadi PR yang perlu UX Designer selesaikan. Mereka harus cari tau lebih lanjut tentang apa sih yang perlu ditingkatkan lagi dari website tersebut? Hal apa yang berpotensi bikin orang gak nyaman saat berkunjung? Atau bahkan, instruksi apa yang perlu diperbaiki dari segi bahasanya?

Karena seperti yang udah MinDi singgung sebelumnya, UX Designer ini berfokus pada kepuasan pelanggan. Jadi, secara otomatis tujuan mereka adalah selalu berusaha meningkatkan rasa kepuasan pelanggan dan menciptakan pengalaman yang lebih menyenangkan buat users.

Pengertian UI (User Interface)

Photo by NordWood Themes on Unsplash

Sobat MinDi, kalau kalian berkunjung ke sebuah website, kira-kira hal apa sih yang bakal kalian perhatiin pertama kali? MinDi yakin pasti jawabannya gak bakal jauh-jauh dari tampilan website-nya, kan? Nah, hal inilah yang disebut sebagai UI atau User Interface!

UI ini termasuk bagian dari UX yang berfokus menangani interface atau tampilan produk kita, entah itu website atau mobile app sekali pun. Intinya nih, UI ini fokusnya adalah mendesain tampilan produk biar jadi lebih indah, menarik dan bisa bikin user pada betah memakai produk kita.

Meskipun fokusnya ke desain dan tampilan, tapi jangan sampai dianggap remeh juga, ya! Karena nyatanya pekerjaan sebagai UI Designer ini bisa dibilang cukup berat juga, lho!

Kita gak bisa pungkiri kalau tampilan website atau mobile app adalah hal pertama yang bakal diperhatikan oleh pelanggan. Karenanya, UI Designer harus bekerja keras membuat tampilan yang indah dan bisa menciptakan sebuah first impression yang bagus tentang perusahaan kita.

Gak cuma itu aja, mereka juga tetap harus memastikan kalau produk yang dibuat tetap bisa mudah dipakai dan bersifat inklusif, alias bisa digunakan oleh semua orang. Jadi, mereka harus kerja keras banget tuh buat menyeimbangkan antara keindahan tampilan produk dan aksesibilitasnya.

Contohnya nih, seperti dalam pemilihan font atau tipografinya. Dalam memilih, mereka gak cuma mempertimbangkan estetikanya aja tapi juga apakah user bisa membacanya dengan jelas atau enggak. Begitu pula dengan pemilihan warna, mereka harus tentuin kira-kira kombinasi warna apa yang pas dan bikin user tetap nyaman saat melihatnya.

Apa Aja Sih Perbedaan UX dengan UI?

Photo by UX Indonesia on Unsplash

Meskipun sebelumnya kita udah ngebahas pengertian dan detailnya masing-masing, rasanya gak afdal deh kalau kita gak ngebahas juga tentang perbedaannya. Jadi, sekarang yuk kita coba bahas perbedaan UX dan UI biar Sobat MinDi bisa jauh lebih paham dan kenal sama keduanya!

Yang pertama, perbedaan UX dan UI terletak pada fokus tujuannya. Kalau UX fokusnya lebih pada kepuasan pelanggan dalam menggunakan produk kita, UI lebih fokus ke keindahan dari tampilan produk kita. Jadi, bisa dibilang kalau UX itu fokusnya kepada user, sementara UI fokusnya lebih kepada estetika desain.

Yang kedua, perbedaan UX dan UI juga terletak pada komponen-komponen di dalamnya. Komponen-komponen UX antara lain adalah tampilan, copywriting, branding, struktur desain, fitur dan navigasi. Sementara komponen-komponen dari UI adalah tombol, tema, layout, tipografi, animasi atau bahkan visual interaktif lainnya.

Selanjutnya yang ketiga, perbedaan UX dan UI terletak pada proses produksinya. Di mana seperti yang MinDi udah bilang sebelumnya, UI adalah bagian dari UX sehingga tentunya UX design bakalan dibuat lebih dulu daripada UI.

Jadi singkatnya nih, dalam prosesnya nanti setelah dilakukan riset dan lain-lainnya, kita bakalan membuat desain UX lebih dulu berupa wireframe hingga prototype desain UX. Selanjutnya, baru deh UI Designer bakalan melanjutkan ke proses pembuatan design system dan mulai mendesain user interface-nya.

Seberapa Penting UI/UX Design dalam Bisnis?

Peran UI/UX Design dalam bisnis
Photo by Smartworks Coworking on Unsplash

Setelah paham tentang UI/UX Design ini, sekarang yuk kita bahas tentang seberapa penting dua hal ini dalam bisnis digital. Kira-kira Sobat MinDi udah punya bayangan gak sih, kenapa UI/UX Design ini penting banget dan banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan?

Jawabannya adalah karena ternyata UI/UX Design ini bisa kasih pengaruh juga pada kesuksesan bisnis kita, lho! Wah, gimana bisa tuh desain doang tapi bisa kasih impact yang besar ke perusahaan?

MinDi coba kasih penjelasan mudahnya, ya. Misalkan nih, Sobat MinDi lagi mengakses sebuah website tapi ternyata tampilannya kurang menarik dan gak user-friendly, kira-kira apa sih yang bakal kalian lakukan? Pasti kalian bakalan keluar dari website tersebut dan coba mengakses website lain, kan?

Nah, inilah kenapa UI/UX Design itu penting banget! Sebagai perusahaan, tentu kita gak mau dong bikin customer kita kabur cuma karena website kita gak bisa bikin mereka puas? Apalagi kalau pelanggan kita akhirnya jadi lari ke website kompetitor yang dinilai lebih menarik dan mudah dipakai. Bakalan jadi mimpi buruk banget deh, buat perusahaan manapun!

IT termasuk salah satu industri yang penuh inovasi dan kompetitif banget, jadi sebagai perusahaan kita gak boleh sampai kecolongan dari kompetitor kita. Sebisa mungkin, kita harus bisa menarik perhatian pengguna dan menciptakan pengalaman yang menyenangkan buat mereka.

Dengan UI/UX Design yang bagus, nantinya hal ini bakal berpengaruh sama performa website kita. Entah dari jumlah pengunjungnya, average time on page-nya hingga bounce rate-nya. Dan gak cuma itu aja, hal ini juga bisa membantu potential customer buat mempertimbangkan atau bahkan langsung yakin buat menggunakan produk kita.

Jadi, secara gak langsung UI/UX Design ini juga bisa berpengaruh sama revenue perusahaan kita, lho! Perannya beneran besar banget deh, buat perusahaan!

Nah, itulah hal-hal dasar dari UI/UX Design yang wajib banget Sobat MinDi pelajari. Kira-kira udah cukup membantu kalian buat mengenal dan memahami digital skill yang satu ini belum?

Kalau Sobat MinDi masih merasa kurang dan pengen belajar lebih dalam lagi tentang UI/UX Design ini, jangan khawatir, ya! Karena dibimbing.id punya Bootcamp UI/UX Design yang sabi banget buat kalian ikuti!

Gak cuma dikasih dikasih materi dan belajar secara intensif selama 4,5 bulan, Sobat MinDi juga bakal dapet kesempatan buat konsultasi pribadi secara langsung sama mentor-mentor berpengalaman dan ahli di bidang UI/UX Design ini, lho! Karenanya, dijamin deh setelah programnya selesai kalian pasti bakalan siap banget buat langsung berkarier sebagai UI/UX Designer.

Yang paling keren nih, nantinya juga bakalan ada penyaluran kerja setelah program bootcamp ini berakhir. Jadi, kalian gak perlu pusing lagi buat lamar-lamar pekerjaan, deh!

Kalau Sobat MinDi pengen kepoin lebih lanjut atau bahkan pengen langsung daftar programnya, bisa langsung aja klik DI SINI, ya! Dibimbing.id percaya, kalau semua orang pasti bisa dibimbing buat jadi lebih baik dan hebat lagi.

Jadi, jangan ragu buat ikutan belajar bareng dibimbing.id and hope to see you around ya, Sobat MinDi!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on whatsapp
WhatsApp

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *