Mengenal Apa Itu Design Thinking dalam Digital Marketing

Oleh: Amira Kartika Rochman

Dalam Digital Marketing, kita pasti bakal menemui banyak banget permasalahan atau pun rintangan yang memerlukan strategi yang lebih inovatif untuk bisa mengatasinya. Salah satu metode populer yang juga udah terbukti bisa membantu perusahaan-perusahaan besar dalam mengatasi berbagai permasalahan mereka adalah design thinking.

Karenanya, kali ini MinDi bakalan membahas tentang pengertian dan pentingnya design thinking dalam digital marketing. Yuk, langsung masuk aja ke pembahasannya!

Pengertian Design Thinking

Mengenal Design Thinking dalam Digital Marketing
Sumber: ThisIsEngineering from Pexels

Mungkin sekarang Sobat MinDi lagi bertanya-tanya nih, “Apa itu design thinking?

Oke, biar MinDi bantu jelaskan, ya. Design Thinking adalah sebuah metode yang digunakan untuk memecahkan berbagai permasalahan yang kompleks dengan cara yang berfokus pada user atau customer. Mudahnya sih, dalam  konteks digital marketing bisa dibilang kalau design thinking ini menggunakan user atau customer sebagai pertimbangan utama dalam pembuatan suatu produk atau strateginya.

Dalam merancang sebuah produk, tentunya kita gak boleh asal-asalan berinovasi. Dan dengan menerapkan metode ini, inovasi kita nantinya bisa lebih terarah dan sesuai dengan apa yang target pasar kita butuhkan. Alhasil, hal ini juga bisa membantu mengurangi posibilitas kegagalan dalam pemasaran produk kita.

Dilansir Interaction Design Foundation, design thinking ini termasuk salah satu pendekatan yang populer dan terbukti efektif karena bahkan diterapkan juga oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Apple, Samsung, Microsoft hingga Google. Gak cuma itu aja, metode ini juga diajarkan di universitas-universitas ternama di dunia seperti Harvard, Stanford dan Massachusetts Institute of Technology.

Pentingnya Design Thinking dalam Digital Marketing

Sumber: fauxels from Pexels

Perkembangan teknologi yang sangat cepat tentunya mengubah kebiasaan dari para pengguna internet yang menjadi target pasar kita.  Dengan kebiasaan yang terus berubah dan kebutuhan yang terus bertambah, tentunya penerapan design thinking ini perlu banget dilakukan agar perusahaan kita bisa terus keep up dengan pola yang berubah-ubah ini.

Berikut beberapa hal yang bisa kita dapatkan saat menerapkan design thinking ini dalam menyusun strategi digital marketing kita:

  1. Membantu Perusahaan Memenuhi Kebutuhan Customer dengan Lebih Mudah

    Sebuah perusahaan yang baik dan sukses adalah perusahaan yang gak hanya mengutamakan kepentingan mereka sendiri, tapi juga customer mereka. Maka dari itu, kebutuhan customer menjadi salah satu tujuan dan hal yang sebenarnya wajib dipenuhi oleh perusahaan, terutama yang melakukan pemasaran secara digital.

    Seperti yang udah dijelaskan sebelumnya, design thinking ini membuat kita berorientasi dan berfokus pada user atau customer kita. Dalam digital marketing, hal ini bakalan berguna banget karena bisa membuat kita jadi lebih terarah dan tepat dalam menjalankan berbagai strategi pemasaran. Hal ini bisa menjadi win-win-solution, di mana produk yang kita pasarkan nantinya akan mudah diterima oleh customer kita dan dari sisi customer sendiri pun mereka akan merasa puas karena kebutuhannya bisa terpenuhi. 

  2. Membantu menemukan dan Menciptakan Solusi yang Inovatif

    Gak cuma dipakai dalam perencanaan produk, design thinking ini juga bisa diterapkan dalam berbagai hal termasuk penentuan strategi perusahaan. Suatu perusahaan pastinya bakal terus menemui masalah serta tantangan yang bervariasi, dan terkadang gak bisa diselesaikan dengan solusi yang itu-itu aja. Karenanya, kita butuh strategi yang tepat dan inovatif untuk mengatasi berbagai masalah dan tantangan ini.

    Dengan metode ini, kita pun bisa dengan mudah menemukan dan menciptakan solusi yang inovatif bagi perusahaan kita. Kenapa bisa begitu? Karena masalah-masalah kompleks yang terjadi nantinya bakal melalui proses analisis real-time yang mendalam. Sehingga solusi yang dihasilkan pun bisa lebih sesuai dengan permasalahan yang terjadi.

  3. Membantu Perusahaan untuk Bergerak dengan Lebih Cepat dan Efisien

    Dengan terbiasa untuk berfokus pada customer dan melakukan analisis yang mendalam, perusahaan yang mengaplikasikan design thinking ini tentunya bisa melakukan pergerakan yang jauh lebih cepat dan efisien. Hal tersebut dikarenakan berbagai solusi yang tercipta nantinya bakal lebih tepat sasaran dan punya posibilitas keberhasilan yang tinggi.

    Dan gak hanya itu aja, perusahaan juga gak perlu melalui trial and error sampai berulang kali untuk bisa menemukan solusi yang tepat. Karenanya, tentu hal ini bisa lebih menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas perusahaan.

Nah, itulah penjelasan singkat tentang design thinking dalam digital marketing. Kira-kira apakah penjelasan MinDi udah cukup membantu para Sobat MinDi dalam memahami metode yang satu ini?

Buat kalian yang pengen belajar lebih dalam dan mempraktekkan langsung metode design thinking ini, kalian bisa banget lho ikutan Bootcamp Digital Marketing dari dibimbing.id! Bootcamp ini nantinya bakal berlangsung selama 4,5 bulan dan tiap pertemuannya bakalan diisi juga dengan latihan praktek yang bisa meningkatkan kemampuan digital marketing kalian jadi lebih keren lagi, nih.

Gak cuma itu aja, nantinya kalian bakal diajar oleh mentor-mentor yang berpengalaman serta mendapatkan kesempatan buat melakukan konsultasi langsung secara pribadi dengan mereka. Jadi buat kalian yang pengen tau lebih dalam tentang design thinking ini dan cara menerapkannya dalam digital marketing, kesempatan ini tentu gak boleh kalian lewatkan.

Yuk, KLIK DI SINI buat daftar dan pelajari lebih lengkap tentang Bootcamp Digital Marketing dari dibimbing.id. Hope to see you around, Sobat MinDi!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on whatsapp
WhatsApp

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *