Mengenal Algoritma Instagram dan Cara Kerjanya

Algoritma Instagram yang bisa kalian pahami

Ada banyak jenis iklan yang ada di Instagram. Mereka yang bekerja di bidang marketing pasti udah gak asing. Ada komponen penting di Instagram yang jadi ‘kunci utama’ agar iklan tetap relevan. Gak lain adalah algoritma dan beberapa trik lainnya. Sebelum kita bicara terlalu jauh, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan algoritma Instagram?

Simpelnya, algoritma hadir untuk menentukan postingan mana yang akan ditampilkan pada halaman feed. Ini dilihat dari karakter pengguna ketika mereka membuka Instagram. Ditambah perkembangan machine learning yang memproses berdasarkan data-data terbaru user. Ddigital footprint konten akan terus merekam aktivitas user di Instagram. Aktivitas yang terekam akan menentukan konten yang masuk pada bagian halaman explore. Ya jadi gak heran ya kalau kalian bisa tenggelam di antara perkontenan Instagram…

Melansir pernyataan Julian Gutman, Product Lead Instagram,  bahwa ada tiga faktor yang mempengaruhi bagaimana seseorang akan melihat konten yang ditawarkan. Interest, Timeline, dan Relationship. Simak penjelasannya ya!

Interest (Ketertarikan)

Bagaimana cara Instagram memprediksi pengguna biar lebih menarik? Ini ditentukan interaksi atau perilaku pengguna dengan konten serupa. Gak hanya berdasarkan siapa yang kalian follow, bisa juga dipengaruhi dengan apa yang kalian suka. Misalnya, kalian menyukai produk X yang berkaitan tentang Digital Skills, ada kemungkinan machine learning ‘menganalisis pola’ dan diubah menjadi rekomendasi yang lain. Alhasil, prediksi ini akan terus berubah.

Kalian perlu tau kalau performa dari setiap konten akan memprioritaskan konten dengan engagement tinggi. Engagement diukur berdasarkan komentar, like, saves dan share. Kalian perlu memantau mana konten yang memiliki metrik tinggi dan berpotensial. Sebagai Brand, kalian bisa juga menentukan konten seperti apa yang disukai follower dan membagikan ulang konten di stories. Tentunya dengan melihat insights setiap postingan.

Timeline (Jam tayang)

Algoritma Instagram menitikberatkan pada konten paling update. Artinya, postingan yang terbaru akan cenderung ditampilkan pada Feed pengguna. Penting untuk memperhatikan jam tayang, dimana mayoritas followers kalian aktif. Biasanya, trik yang digunakan adalah menentukan waktu jam tayang kapan mayoritas follower sedang aktif-aktifnya. Atau dengan kata lain, jam tayang tersebut harus prime time banget!

Suatu konten akan berpotensi untuk engage kalau banyak pengguna aktif menggunakan media sosial selama jam 7 sampai 9 malam. Begitu juga sebaliknya. Kembali lagi, bagaimana kualitas konten tersebut bisa mempengaruhi interest pengguna.

Relationship (Hubungan)

Konten yang ada di Instagram akan memprioritaskan konten dari keluarga, teman dan orang lain yang dekat dengan kita. Hal ini dilihat dari akun yang sering DM kita, akun yang sering berinteraksi (dengan tag post/stories) serta keaktifan like juga. Ini berlaku juga dengan cara Instagram Ads bekerja.

Konsistensi Brand dalam membuat konten adalah kunci utama. Kalian bisa lihat: semakin banyak interaksi, postingan tersebut menjadi populer di timeline. Kenapa? berkat adanya hubungan antara brand dan follower. Ini yang disebut ‘personifikasi brand’ – mempersonalisasikan brand menjadi penting. Anggap aja sebuah brand sebagai persona atau karakter agar terlihat hidup dan humanis. Kehadiran komunitas misalnya juga bisa mendukung hidupnya suatu brand. Pendekatan seperti ini layaknya kedekatan dengan teman dan keluarga.

Intinya, dari ketiga komponen ini, brand awareness yang dibangun sedemikian rupa adalah untuk memperluas audiens manusia, bukan robot! Kalian sekarang tau kan gimana caranya memenangkan algoritma Instagram. Sekarang saatnya untuk kalian memahami apa aja sih jenis-jenis iklan di Instagram. Jika kalian ingin tahu lebih lanjut silahkan baca di artikel berikut ini Instagram Ads untuk Optimasi Bisnis Kamu.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on whatsapp
WhatsApp

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *