Web Developer dan Faktanya Yang Perlu Kamu Ketahui!

Oleh: Rezkita Gustarachma Astari Suhendar

Keseruan menjadi Web Developer

Sobat MinDi, mungkin term Web Developer terdengar sangat asing. Namun, tahukah kamu bahwa peluang bekerja di bidang ini sangat menarik untuk di masa depan nanti? Apakah hanya sekadar pengembang web dan bergaji besar? Atau justru ada yang lebih dari itu?  Pembahasan kali ini akan menjawab rasa penasaran kalian seputar pekerjaan, hal menarik dan skill Web Developer!

Kenal Lebih Dekat dengan Web Developer

Umumnya, Web Developer atau Pengembang Web bertugas untuk memelihara, merancang, dan membuat sebuah situs web dan aplikasi web. Seseorang yang bertanggung jawab langsung atas pembuatan suatu website. Biasanya, Sobat MinDi dapat ditemui di pekerjaan di perusahaan dalam pengembangan perangkat lunak, TI, atau konsultasi komputer. Tidak menutup kemungkinan pula untuk bekerja sebagai freelancer.

Bagian terpenting menjadi Pengembang Web adalah mampu menciptakan aplikasi dan layanan web yang konsisten dan efisien. Tentu, pengembang web ini perlu memberikan dan memenuhi kebutuhan klien mereka dengan baik.

Bekerja Sebagai Pengembang Web Itu..

Dalam pengembangan web, terdapat tiga tugas – Front-End, Back-End, dan Fullstack.

Front-End Developer

Pengembang web yang menggunakan baris kode HTML, CSS, dan Java Script untuk menghasilkan website dengan tampilan yang menarik. Berhubungan langsung dengan sistem navigasi, tombol, warna, font, menu dan lainnya.  Ibarat seorang desainer, mereka yang berperan untuk mengolah desain murni menjadikan website yang interaktif dengan pengguna. Seorang front end developer harus memastikan pengalaman pengguna berkualitas dan tampak baik pada saat yang bersamaan.

Back-End Developer

Berbeda dengan Front-End, pengembangan ini fokus dalam menangani website yang tidak dapat dilihat pengguna. Agar Front-End Developer dapat bekerja dengan baik, Back End Developer perlu membuat situs atau platform terlebih dahulu. Bisa dibilang, mereka perlu merancang blueprint website untuk mencakup server, basis data, aplikasi dan beberapa aspek lainnya. Makanya, mereka perlu memiliki pemahaman tentang Ruby, Java, PHP atau Python. Hal ini agar mereka bisa menulis kode yang jelas dan terdokumentasi dengan baik.

Full Stack Developer

Bagian ini akan berhubungan langsung dengan pengembagan Front-End dan Back-End. Karena itu, Full Stack Developer harus mempunyai pengalaman dalam keduanya. Bagian ini memerlukan dua sisi secara kreatif dan detail-oriented. Seseorang yang bekerja di bidang ini harus terampil dalam banyak bidang. Mereka harus bisa memahami cara kerja website di semua tingkatan. Pekerjaan ini cukup dicari banyak orang karena keahliannya menangani lebih dari satu jenis tugas. Makanya, pengembangan ini gak mudah dan membutuhkan banyak pekerjaan.

Tertarik dengan pembahasan diatas dan ingin belajar lebih dalam mengenai Web Developer? Langsung aja daftar Bootcamp Fullstack Web Developer dari dibimbing.id dan belajar bersama mentor Top Tech Company.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on whatsapp
WhatsApp

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *