Belajar Data Science: 4 Hal Dasar yang Wajib Dipelajari

Oleh: Amira Kartika Rochman

Data science adalah salah satu bidang pekerjaan yang lagi populer. Fakta kalau data science bisa diterapkan dalam berbagai hal dan berbagai industri membuatnya jadi salah satu pekerjaan yang ramai dibicarakan dan dibutuhkan banyak perusahaan. Karenanya, banyak juga yang jadi tertarik untuk belajar data science.

Nah, hari ini MinDi bakal ngebahas tentang gimana cara kita buat belajar data science secara online. Buat Sobat MinDi yang tertarik pengen belajar data science, yuk langsung simak aja pembahasan MinDi di artikel ini!

Seberapa Susah Belajar Data Science?

Photo by Wes Hicks on Unsplash

Ngomongin tentang tingkat kesulitan, rasanya hal-hal seperti ini relatif banget, deh. Iya, relatif. Karena sebenarnya tingkat kesulitan belajar data science itu tergantung sama gimana latar belakang Sobat MinDi sendiri.

Apakah kamu punya latar belakang di bidang computer science? Apakah kamu suka matematika? Hingga bahkan, setinggi apa sih motivasi kamu untuk belajar data science?

Nah, buat Sobat MinDi yang punya latar belakang di bidang computer science dan matematika, tentu belajar data science bakalan terasa lebih mudah. Tapi perlu diingat juga, bukan berarti yang gak punya latar belakang di dua bidang tersebut gak bakal bisa belajar data science juga, ya!

Memang sih, data science ini bisa dibilang cukup challenging. Karena selain harus jago programming dan matematika, kita juga bakal dituntut buat jago statistika, data visualization, pemahaman bisnis, problem solving hingga bahkan story telling.

Tapi sekali lagi, semuanya kembali lagi ke tekad kita sendiri nih, Sobat MinDi. Kalau kita punya tekad yang kuat dan motivasi yang tinggi, tentu belajar data science gak bakal terasa sesusah dan semengerikan yang orang-orang bayangkan.

Buktinya aja Bootcamp Data Science dari dibimbing.id gak menuntut kita buat punya latar belakang di bidang IT, kok! Jadi, jangan ngerasa ragu lagi buat coba belajar data science, ya!

Hal Dasar yang Wajib Dipelajari saat Mulai Belajar Data Science!

Photo by Hitesh Choudhary on Unsplash

Next, kita bakal masuk ke pembahasan utamanya yaitu 4 hal dasar yang perlu dipelajari saat mulai belajar sains data. Yuk, langsung simak aja penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini!

  1. Bahasa Pemrograman (Programming Language)

    Hal dasar pertama yang wajib banget kita pelajari adalah bahasa pemrograman. Kita bisa coba memilih satu bahasa pemrograman yang populer seperti Python dan R. Nah, kalau MinDi sendiri sih, rekomendasiin Python karena termasuk bahasa coding yang paling umum dipakai sama kebanyakan data scientist.

    Selain karena mudah dipahami dan serbaguna, Python juga dilengkapi dengan library yang oke banget (seperti TensorFlow, NumPy, SciPy, dan Pandas) yang berguna dalam analisis data dan aspek-aspek lain dalam data science.
  2. Statistika dan Matematika

    Kalau data science diibaratkan sebagai sebuah bahasa, berarti statistika adalah grammar atau tata bahasanya. Pada dasarnya, statistika adalah metode mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi dan menganalisis data hingga nantinya hasil olahan data-data tersebut bisa menghasilkan sebuah kesimpulan. Dengan mempelajari statistika, nantinya kita bisa menyederhanakan data-data yang ada menjadi bentuk grafik atau visualisasi data.

    Selanjutnya, matematika juga perlu buat kita pelajari untuk menunjang kemampuan kita dalam menganalisis data dan menentukan keputusan. Beberapa cabang ilmu matematika yang perlu kita pelajari adalah aljabar linier, kalkulus, dan probabilitas.

    Aljabar linier bakal mengajarkan kita dasar-dasar algoritma sains data dan memudahkan kita buat memahami kalkulus dan statistika lebih dalam. Selanjutnya, kalkulus sendiri bakal mengajari kita teori yang mendasari algoritma machine learning. Dan yang terakhir, probabilitas merupakan bagian yang paling penting nih, karena digunakan untuk menganalisis data yang dipengaruhi oleh peluang dan perubahan.
  3. Machine Learning

    Setelah kita belajar bahasa pemrograman, setelahnya kita bisa mulai untuk mempelajari machine learning. Buat Sobat MinDi yang masih asing dengan machine learning ini, gak usah khawatir, ya! Karena MinDi bakal jelasin apa itu machine learning.

    Bisa dibilang, machine learning adalah sebuah mesin yang bisa belajar secara mandiri atau otomatis tanpa arahan dari pengguna mesinnya. Nah, biasanya nih, machine learning ini dipakai oleh perusahaan-perusahaan data driven seperti Netflix atau Google. Hal itu dikarenakan machine learning ini bisa memudahkan proses mengolah data yang besar menjadi informasi yang bakalan berguna bagi perusahaan, mengingat kita gak perlu menentukan algoritma dari data-data yang ada satu persatu jika menggunakannya.
  4. Soft Skills yang Dibutuhkan oleh Data Scientist

    Selain mempelajari technical skills, kita juga perlu mengembangkan berbagai soft skills yang dibutuhkan oleh seorang data scientist. Beberapa soft skills tersebut antara lain adalah kemampuan berkomunikasi, berpikir kritis, problem solving, dan business sense.

    Kita coba bahas satu persatu kenapa keempat soft skills tersebut dibutuhkan oleh data scientist, ya!

    Yang pertama, kita bahas dulu tentang berkomunikasi. Sebagai seseorang yang mengolah data dan menganalisisnya, kita bakal dituntut untuk bisa mengkomunikasikan data yang ada agar lebih mudah buat dipahami orang awam. Tanpa kemampuan berkomunikasi yang baik, tentu seorang data scientist gak bakal bisa menjalankan pekerjaannya dengan baik juga.

    Yang kedua adalah berpikir kritis. Sebagai seorang data scientist, kemampuan yang satu ini bakal membantu kita buat bisa menganalisa berbagai hal secara objektif dan melihat suatu masalah dari berbagai sudut pandang. Alhasil, nantinya hasil analisis kita pun bisa lebih rich dan tepat.

    Yang ketiga adalah problem solving. Tanpa adanya kemampuan dan keinginan buat menyelesaikan masalah, kita gak bakalan bisa menjadi seorang data scientist. Hal itu dikarenakan seorang data scientist gak cuma diharuskan buat mengidentifikasikan masalah aja, tapi juga diharuskan buat bisa menawarkan solusi dalam mengatasinya juga.

    Yang terakhir, business sense. Seperti yang kita tau, tugas dari seorang data scientist adalah berkutat dengan data-data. Tapi, perlu diingat kalau tujuan dari data science adalah mengekstrak informasi dari data untuk nantinya bisa membantu kesuksesan dan perkembangan perusahaan. Jadi, tentunya seorang data scientist harus punya business sense dimana dirinya tau gimana sih cara mengaplikasikan atau menggunakan data untuk mengambil keputusan di dalam perusahaan.

Belajar Data Science Secara Online? Emang Bisa?

Photo by Vlada Karpovich from Pexels

Seperti yang Sobat MinDi mungkin udah pada tau, udah ada beberapa universitas di Indonesia yang ternyata memiliki jurusan kuliah sains data, lho! Beberapa universitas tersebut antara lain adalah Universitas Airlangga, Institut Pertanian Bogor, Universitas Nusa Mandiri, Universitas Teknologi Yogyakarta, Bina Nusantara University dan Universitas Katolik Parahyangan.

Nah, sekarang mungkin Sobat MinDi jadi bertanya-tanya, nih. Kira-kira bisa gak sih, kita belajar data science secara online aja tanpa harus mempelajarinya di bangku perkuliahan? Jawabannya adalah: Bisa banget, kok!

Di era digital dan serba online seperti sekarang, Sobat MinDi tentu bisa mempelajari hal apapun secara online melalui internet. Tapi, perlu diingat kalau untuk bisa berkarier sebagai data scientist, tentu kita memerlukan sertifikat untuk mendukung dan membuktikan kemampuan kita.

Karenanya, MinDi saranin Sobat MinDi buat coba ikutan aja Bootcamp Data Science dari dibimbing.id kalau kamu pengen benar-benar mempelajari data science lebih dalam dan memulai karier sebagai data scientist. Gak cuma dapet materi dan sertifikat aja, nantinya Sobat MinDi juga bakal dapat benefit-benefit menarik mulai dari konsultasi pribadi dengan mentor berpengalaman hingga bahkan program penyaluran kerja, lho!

Dibimbing.id yakin banget kalau sebenarnya semua orang pasti bisa dibimbing jadi lebih hebat dan keren lagi. Jadi, buat Sobat MinDi yang bahkan gak punya latar belakang di bidang IT dan benar-benar mau belajar sains data dari nol, gak perlu merasa khawatir dan takut lagi, ya!

Kamu bisa langsung aja kepoin lebih lanjut dan mendaftar untuk programnya dengan cara KLIK DI SINI. Hope to see you around, Sobat MinDi!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on whatsapp
WhatsApp

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *