Apa itu Data Scientist dan Prospek Kerjanya di Masa Depan

Oleh: Amira Kartika Rochman

Sobat MinDi pasti akhir-akhir ini sering deh, lihat lowongan pekerjaan untuk posisi data scientist. Rasanya, hampir semua perusahaan dengan latar belakang di bidang apapun pada gencar banget membuka lowongan untuk posisi yang satu ini.

Kira-kira apa sih, data scientist itu dan gimana ya prospek kerjanya di masa depan? Yuk, cari tau informasi lengkapnya di artikel ini!

Apa Itu Data Scientist?

Mungkin masih ada Sobat MinDi yang belum tau apa itu data scientist, jadi MinDi coba bantu buat jelasin, ya!

Data scientist adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data untuk menghasilkan sebuah informasi yang dapat membantu perusahaan dalam mengambil berbagai keputusan. Dan gak cuma berorientasi sama keputusan atau solusi di masa sekarang aja, data scientist kadang juga diminta untuk bisa menyiapkan analisis prediksi untuk hal yang mungkin terjadi di masa depan juga.

Nah, yang bikin menarik adalah peran data scientist ini merupakan cabang dari beberapa posisi lain seperti matematikawan, ahli statistik dan programmer, lho! Jadi, bisa dibilang kalau profesi data scientist adalah salah satu profesi yang spesial dan cukup challenging nih, Sobat MinDi!

Kenapa Data Scientist Dibutuhkan Banyak Perusahaan?

Photo by ThisisEngineering RAEng on Unsplash

Seperti yang udah dibahas sebelumnya, peran data scientist ini diperlukan karena pada dasarnya sebuah perusahaan pasti memerlukan data buat perkembangan bisnis mereka setiap harinya. Di sinilah peran data scientist diperlukan, karena nantinya mereka yang bakalan membantu perusahaan untuk membuat keputusan dengan lebih cepat dan lebih baik.

Mungkin beberapa Sobat MinDi ada yang berpikir, “Kenapa harus repot cari data scientist, sih? Kan kumpulin dan nafsirin data bisa dilakuin sama banyak orang?”

Well, ada benarnya juga, sih. Memang banyak kok orang yang bisa mengumpulkan dan menganalisis data, tapi gak semua bisa buat melakukan keduanya pada data-data yang besar. Apalagi kalau data yang ditangani itu skalanya sebesar data satu negara, tanpa keahlian yang mumpuni tentu hal ini bakalan susah buat dikerjakan secara tepat, kan?

Biar lebih mudah ngebayanginnya, mungkin kita bisa coba bayangin data scientist sebagai seorang chef dan data perusahaan sebagai makanan, ya! Di luar sana mungkin emang banyak orang yang bisa masak, tapi gak semua orang bisa masak dalam jumlah banyak sekaligus dengan menghasilkan rasa yang enak. Itu kenapa chef dibutuhkan, karena mereka memang udah ahli di bidangnya dan tau bagaimana cara mengolah makanan dalam jumlah yang besar dalam waktu bersamaan secara tepat.

Jadi, udah bisa kebayang kan, kenapa posisi seorang ahli data ini gak boleh dianggap sepele?

Industri Apa Aja Sih yang Memerlukan Data Scientist?

Banyak industry yang membutuhkan peran data scientist
Photo by Heidi Fin on Unsplash

Seperti yang udah MinDi mention sebelumnya, posisi data scientist ini diperlukan oleh banyak perusahaan. Beberapa industri yang paling membutuhkan peran data scientist di antaranya adalah:

  1. Perusahaan Retail

    Sebuah perusahaan retail perlu buat mengetahui apa yang pelanggan mereka inginkan supaya nantinya mereka bisa menyajikan hal tersebut. Kalau sampai hal ini gak bisa mereka lakukan, tentu mereka bakalan susah buat bisa berkompetisi dengan kompetitor mereka. Dengan adanya data scientist, perusahaan retail bakal mendapatkan insight yang lebih tepat untuk membuat pelanggan mereka terus kembali ke toko mereka.

  2. Perusahaan Kesehatan

    Industri kesehatan perlu menggunakan data-data besar buat mengembangkan penangan kesehatan dengan lebih tepat dan beragam lagi. Data yang didapat dari waktu ke waktu bakalan membantu dokter untuk mendapatkan informasi komprehensif tentang kesejahteraan pasien secara lebih efisien juga.

  3. Bank dan Jasa Keuangan

    Banyak banget perusahaan keuangan yang dianggap gak begitu memakai teknologi terlalu banyak. Tapi, makin ke sini banyak perusahaan keuangan yang mulai menggunakan teknologi dalam proses pengambilan keputusan mereka, lho!

    Contohnya nih, dengan beberapa perusahaan yang mulai menerapkan adanya virtual assistant untuk pelanggan mereka. Nantinya, virtual assistant ini bakalan mempelajari kebiasaan dari pelanggan dan bisa memberikan saran yang lebih sesuai dengan tiap pelanggan.

  4. Komunikasi, Media, dan Hiburan

    Dalam perusahaan komunikasi, media dan hiburan, peran data scientist juga diperlukan banget buat memahami pola dan kebiasaan dari pengguna. Dengan teknik data science, perusahaan bisa menciptakan berbagai konten yang lebih sesuai dengan target audiens mereka, mengukur kinerja dari konten-konten yang dibuat hingga bahkan merekomendasikan konten sesuai secara personal untuk masing-masing pelanggan.

    Contoh mudahnya kayak Spotify, deh! Dengan menganalisis data dari para pengguna aplikasinya, mereka bisa merekomendasikan lagu-lagu atau bahkan musisi-musisi yang lebih cocok dan sesuai dengan selera tiap penggunanya.

    Jadi, kalau selama ini Sobat MinDi suka heran kenapa Spotify bisa tau banget selera musik kalian, itu sebenarnya gak lain dan gak bukan karena peran dari data scientist, lho!

    Oh iya, selain empat industri di atas, sebenarnya masih ada banyak lagi industri lain yang juga membutuhkan data scientist, nih! Beberapa di antaranya yaitu seperti perusahaan konstruksi, transportasi, pendidikan, manufaktur hingga bahkan pemerintahan.

Tugas atau Job Descriptions dari Data Scientist

Apa job description seorang data scientist?
Photo by Christina Morillo from Pexels

Berikut beberapa tugas atau job descriptions dari data scientist:

  1. Mengajukan pertanyaan yang tepat untuk memulai proses riset
  2. Mengumpulkan data-data yang diperlukan
  3. Membersihkan dan memvalidasi data untuk memastikan keakuratan, kelengkapan dan keseragamannya
  4. Memastikan kebenaran data sets dan variabel data
  5. Mengintegrasikan dan menyimpan data
  6. Melakukan investigasi data awal dan mengeksplorasi data
  7. Memilih model dan algoritma yang potensial
  8. Menerapkan teknik data science, seperti machine learning, pemodelan statistik hingga artificial intelligence (kecerdasan buatan)
  9. Mengukur dan meningkatkan hasil yang didapat
  10. Menganalisa pola dan tren yang terjadi
  11. Menyajikan hasil analisis dari data yang tersedia dan mengkomunikasikannya kepada stakeholder
  12. Menawarkan solusi dan keputusan terbaik untuk perkembangan perusahaan berdasarkan hasil analisis data yang didapat

Gimana Prospek Kerja Data Scientist di Masa Depan?

Dengan semakin pesatnya perkembangan di bidang teknologi, tentu prospek kerja data scientist di masa depan bakalan menjanjikan banget. Setiap perusahaan pasti bakal memiliki data yang lebih besar terkait pelanggan mereka dan membutuhkan analisis yang tepat untuk bisa terus mengembangkan perusahaan mereka. Karenanya, tentu profesi sebagai data scientist bakalan diincar oleh banyak perusahaan.

Gak cuma itu aja, lapangan pekerjaan data scientist ini juga terbuka lebih lebar ketimbang pekerjaan-pekerjaan lainnya. Mengingat ilmu data science ini sendiri bisa diaplikasikan dalam banyak hal dan dalam berbagai jenis bidang usaha.

Jadi, buat Sobat MinDi yang tertarik sama profesi data scientist ini, gak perlu khawatir lagi buat coba menekuni data science dan mulai berkarier di bidang ini, ya!

Gimana Cara Memulai Karier sebagai Data Scientist?

Ayo mulai karirmu menjadi data scientist
Photo by Zen Chung from Pexels

Pada dasarnya, ada 2 macam cara untuk memulai karier sebagai data scientist nih, Sobat MinDi! Yang pertama adalah dengan berkuliah di jurusan sains data dan yang kedua adalah dengan mengikuti pelatihan data science dari perusahaan terpercaya.

Sayangnya nih, gak semua universitas di Indonesia memiliki program studi sains data ini. Dan buat Sobat MinDi yang sedang atau bahkan udah pernah menempuh pendidikan S1, tentu kesempatan buat berkuliah di jurusan sains data ini juga bakalan susah buat benar-benar dilakukan.

Maka dari itu, MinDi sendiri sih, lebih saranin Sobat MinDi buat ikutan aja pelatihan data science seperti contohnya dari dibimbing.id! Kebetulan banget nih, dibimbing.id punya layanan Bootcamp Data Science yang pembelajarannya bakal dilakukan secara intensif selama 4,5 bulan. Jadi, kalau dibandingin dengan kuliah, tentu waktu yang Sobat MinDi habiskan bisa jauh lebih hemat dan cepat, deh!

Tapi, jangan salah, ya! Walaupun pembelajarannya cuma 4,5 bulan, tapi semua materi yang diajarkan di Bootcamp ini udah dijamin lengkap dan bakal membuat Sobat MinDi benar-benar siap buat berkarier sebagai data scientist. Karena gak cuma diberikan materi dan latihan praktek aja, Sobat MinDi juga bisa melakukan konsultasi pribadi dengan mentor yang berpengalaman di bidang data science ini, lho!

Jadi, buat Sobat MinDi yang punya rasa keingintahuan tinggi dan benar-benar pengen menyelami data science lebih dalam lagi, tentu kesempatan ini bakalan jadi good deal banget buat kalian!

Terus, Sobat MinDi juga gak perlu khawatir buat mikirin kira-kira gimana nasib Sobat MinDi setelah programnya berakhir. Karena dibimbing.id juga menyediakan program penyaluran kerja untuk lulusan Bootcamp Data Science dibimbing.id, lho! Yakin nih, mau lewatin kesempatan emas yang satu ini?

Dibimbing.id yakin banget kalau semua orang pada dasarnya bisa dibimbing jadi lebih hebat dan baik lagi. Jadi, buat Sobat MinDi yang gak punya latar belakang di bidang IT pun tetap bisa ikutan belajar dan berkembang bersama dibimbing.id, lho! Buat kamu yang pengen kepoin lebih dalam tentang Bootcamp Data Science ini, yuk langsung aja KLIK DISINI YA!

Hope to see you around, Sobat MinDi!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on whatsapp
WhatsApp

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *