Skill Web Developer yang Wajib Kamu Kuasai

Oleh: Rezkita Gustarachma Astari Suhendar

Komunikasi menjadi skill yang wajib dimiliki Web Developer

HTML dan CSS

  • HTML – Hypertext Markup Language
    Merupakan bahasa script/markup yang digunakan untuk membuat halaman website. 
  • CSS – Cascading Style Sheets
    Bahasa pemrograman yang mendukung HTML bekerja. CSS berfungsi untuk mengatur layout, warna, font, dan style lain.

Java Script

Salah satu tools dasar untuk Front-End Developer dalam menentukan fungsi yang ada di dalam website, seperti menambahkan audio, animasi, dan video. Paham menggunakan tools ini menjadi salah satu skill Web Developer yang wajib kamu miliki!

Bahasa Pemrograman

Sebagai pengembang web, kamu perlu paham dalam menguasai skill bahasa pemrograman ini. Seperti yang sebelumnya dikatakan bahwa inti dari pekerjaan ini adalah melakukan programming.

Analytics

Software ini digunakan untuk mencari tahu perilaku dari pengguna. Misal, melihat bagaimana pengguna berinteraksi dengan konten yang menurut mereka menarik. Dengan begitu, kamu dapat memberikan konten yang sesuai dengan minat pengguna saat ini.

SEO-Search Engine Optimization

Jika kamu menguasai SEO, ini akan mempermudah pengerjaan website memiliki peringkat yang baik di mesin pencari sehingga bisa muncul dihalaman pertama search engine seperti Google, Twitter, Bing, dan Yahoo.

Graphic Design

Kemampuan kamu dalam graphic design akan menjadi nilai plus! Kenapa? Mengingat kembali bahwa pekerjaan di bidang ini memerlukan pengolahan visual. Kalian bisa menggunakan tools seperti Photoshop untuk berkreasi langsung dengan tampilan atau desain website.

Update dengan Pengetahuan Teknologi

Tak hanya di hard skill saja, kamu memerlukan soft skill agar bisa mengembangkan website dengan pendekatan yang baik. Kalian akan diminta untuk memiliki kemampuan pengembangan teknologi yang kuat dan up-to-date, sehingga kemahiran itu perlu ditunjuk sebagai seorang pengembang web.

Komunikatif, Problem Solver, Multitasking – All in One!

Seorang Pengembang Web memerlukan bekerja dalam mindset teamwork yang tinggi. Ia perlu mengedepankan perancangan dan tujuan dalam memenuhi goals itu sesuai dengan tenggat waktu tertentu. Tak jarang bahwa multitasking menjadi salah satu faktor yang diperlukan dalam pekerjaan ini.

Selain itu, ia juga perlu melakukan pengawasan dan penyampaian informasi. Agar tugas dalam kelompok dapat selesai dengan baik menjaga komunikasi. Alhasil, dalam memberikan penilaian pada suatu masalah dapat berpikir secara objektif dan cekatan – dalam waktu yang semaksimal mungkin!

Masa depan pengembangan web ini tidak hanya dilihat dari kemampuan teknis saja. Kamu juga akan dilihat penguasaan dalam berbagai skill. Mulai dari pemahaman programming, visual, dan soft skill seperti berpikir kritis dan berpengetahuan tinggi dalam teknologi. 

Lalu, apa yang bisa kalian lakukan sebagai pemula atau peminat di bidang ini? Salah satu langkah yang bisa kamu ambil adalah dengan mengikuti training skill seperti Bootcamp Full Stack Web Developer yang disediakan oleh dibimbing.id!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on whatsapp
WhatsApp

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *