7 Tips Ampuh Belajar Copywriting dari Rumah

Oleh: Amira Kartika Rochman

Copywriting termasuk salah satu hal yang lagi banyak diminati dan dipelajari oleh mahasiswa ataupun fresh graduate. Selain karena skill ini bisa diterapkan dalam banyak hal, belakangan ini posisi sebagai copywriter lagi dicari dan dibutuhkan banyak perusahaan.

Nah, buat Sobat MinDi yang lagi pengen belajar copywriting, MinDi punya 7 tips ampuh yang bisa membantu kalian untuk terjun dan menyelami dunia copywriting ini. Yuk, langsung simak aja tips-tipsnya di bawah!

Sumber: Judit Peter on Pexels
  1. Ketahui Seluk-beluk Copywriting
    Buat bisa benar-benar memahami copywriting, tentunya Sobat MinDi wajib belajar seluk-beluknya. Jadi, MinDi mau kasih tau pengetahuan-pengetahuan dasar yang wajib Sobat MinDi tau tentang copywriting ini.

    A. Pengertian Copywriting
    Copywriting adalah sebuah kemampuan meracik kata-kata dengan tujuan mempengaruhi orang lain untuk melakukan suatu hal. Karenanya, copywriting ini termasuk bagian dari digital marketing dan memegang peranan cukup besar dalam kesuksesan suatu pemasaran digital.

    Untuk bagian-bagiannya sendiri, copywriting ini biasanya terdiri dari 3 bagian yaitu headline (judul), isi dan Call to Action (ajakan).

    B. Perbedaan Copywriting dengan Jenis Tulisan Lain

    Dilansir Forbes, perbedaan antara copywriting dengan jenis penulisan yang lain sebenarnya terletak pada tujuan dan bentuknya. Biar Sobat MinDi lebih mudah memahaminya, MinDi bakal coba membandingkan copywriting ini dengan content writing aja, ya.

    Untuk tujuannya, content writing biasa dibuat untuk memberikan informasi, mengedukasi dan menghibur audiens. Sementara copywriting memiliki tujuan dasar yaitu untuk mengajak audiens melakukan suatu hal yang akan menguntungkan perusahaan kita. Contohnya seperti mengajak audiens untuk membeli produk kita atau mengikuti campaigns serta events yang sedang kita jalankan.

    Selanjutnya untuk bentuknya sendiri content writing biasanya berbentuk tulisan yang panjang (500 hingga 2.500 kata) seperti artikel blog, e-book hingga e-mail newsletter.

    Sementara copywriting biasanya berbentuk tulisan pendek yang bahkan bisa terdiri dari 1 atau 2 kalimat aja seperti social media ads,PPC landing pages, caption postingan Instagram hingga e-mail marketing.
  2. Pahami Aturan Dasar Copywriting

    Setelah paham seluk-beluk dari copywriting, sekarang saatnya Sobat MinDi buat mempelajari aturan-aturan dasarnya. Aturan-aturan ini wajib Sobat MinDi terapkan untuk bisa menghasilkan tulisan yang menarik dan lebih meyakinkan audiens.

    Berikut MinDi rangkum beberapa aturan-aturan dasar copywriting tersebut:

    1. Sesuaikan fitur produk dengan benefit yang ditawarkan
    2. Buat tulisan jadi lebih spesifik untuk meyakinkan audiens
    3. Gunakan bukti atau testimoni dari pelanggan-pelanggan sebelumnya untuk meningkatkan rasa kepercayaan audiens
    4. Berikan penjelasan yang rinci dan jelas agar tujuan penulisan bisa mudah tercapai
    5. Gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami audiens
    6. Posisikan diri sebagai audiens untuk meningkatkan rasa empati
    7. Berikan instruksi Call to Action yang jelas dan tegas
  3. Pelajari Produk atau Layanan yang Akan Diberikan

    Untuk bisa memasarkan dengan baik, tentunya kita wajib mempelajari dulu produk atau layanan yang akan kita promosikan. Beberapa hal tentang produk atau layanan yang wajib Sobat MinDi pelajari adalah:

    1. Informasi dasar produk atau layanannya, seperti fitur, benefit, cara kerja, harga dan sebagainya
    2. Kelebihan dan kekurangan produk atau layanan yang akan dipromosikan
    3. Keunikan produk atau layanan yang bisa membuatnya lebih unggul dari milik kompetitor
  4. Lakukan Riset Tentang Konsumen dan Kebutuhannya

    Selain mempelajari tentang produk atau layanan yang akan dipromosikan, kita juga harus mempelajari tentang konsumen atau target pasar kita. Hal yang satu ini penting banget karena untuk bisa memasarkan produk kita dengan baik, maka kita perlu tau dulu seperti apa karakter konsumen kita dan apa aja kebutuhan mereka.

    Nah, buat mengetahui informasi tersebut kita bisa melakukan market research yang berfokus pada konsumen kita. Riset ini sendiri bisa dilakukan lewat survey, observasi dan cara-cara lainnya.

    Dengan mengetahui karakter dan kebutuhan konsumen atau audiens kita, otomatis proses pembuatan tulisan kita bakalan jadi lebih mudah dan bisa lebih tepat sasaran. Misalnya nih, kita menjual produk kecantikan dan konsumen kita didominasi oleh remaja. Maka dalam mempromosikan produknya, kita bisa menawarkan hal-hal yang menarik dan dibutuhkan oleh remaja, seperti hasil pemakaian yang terlihat natural, bahan yang cocok untuk kulit remaja dan sebagainya.
  5. Perbanyak Membaca Hal-hal Seputar Copywriting

    Selanjutnya, salah satu hal yang gak kalah penting dalam belajar copywriting di rumah adalah dengan memperbanyak membaca. Dengan membaca tentunya Sobat MinDi bisa lebih memahami copywriting ini secara mendalam dan menemukan berbagai tips atau contoh yang bagus dalam membuat tulisan copywriting.

    Beberapa buku yang bisa Sobat MinDi baca adalah The Adweek Copywriting Handbook karya Joseph Sugarman, Breakthrough Advertising karya Eugene Schwartz dan Made to Stick karya Dan serta Chip Heath.
  6. Perbanyak Latihan dan Lakukan Evaluasi

    Ketika kita lagi ngomongin tentang tulis-menulis, udah pasti kita diharuskan buat memperbanyak latihan menulis untuk bisa menghasilkan tulisan yang bagus. Intinya, practice makes perfect, jadi saat belajar pun Sobat MinDi juga harus mempraktekkan langsung pelajaran-pelajaran yang udah didapatkan.

    Lalu, agar kemampuan copywriting Sobat MinDi bisa terus berkembang, ada baiknya latihan menulis ini juga dibarengi dengan melakukan evaluasi secara rutin. Dengan melakukan evaluasi, Sobat MinDi bisa tau apa aja kesalahan yang pernah dibuat sehingga kedepannya kesalahan tersebut bisa dihindari.
  7. Tingkatkan Kemampuan dengan Belajar dari Para Ahli
Belajar Copywriting dengan Baik
Sumber: Andrea Piacquadio on Pexels


Yang terakhir, untuk bisa belajar copywriting dengan lebih mendalam lagi Sobat MinDi juga bisa mencoba untuk belajar dari para ahli atau orang-orang yang udah terbukti kompeten dan berpengalaman di bidang copywriting ini. Dengan belajar dari ahlinya, otomatis Sobat MinDi bakalan dapat banyak banget pembelajaran penting yang pastinya bisa menunjang skill copywriting Sobat MinDi.

Ada 2 cara untuk belajar copywriting dari para ahli yaitu dengan mempelajarinya sendiri dan mempelajarinya langsung dengan mereka. Untuk yang mempelajarinya sendiri, Sobat MinDi bisa melakukannya dengan cara mengobservasi dan menganalisa tulisan dari para ahli tersebut. Sayangnya nih, cara yang satu ini cukup tricky dan susah buat dilakukan terlebih buat copywriter pemula atau orang-orang yang baru berniat terjun ke dunia penulisa wara ini.

Karenanya, MinDi pribadi sih lebih menyarankan Sobat MinDi buat belajar copywriting langsung kepada para ahlinya aja dengan mengikuti Bootcamp Digital Marketing dari dibimbing.id.

Dengan mengikuti bootcamp ini kalian gak cuma dapat banyak materi dari mentor-mentor yang ahli dalam digital marketing aja, tapi juga mendapatkan kesempatan langsung buat konsultasi secara pribadi dengan mereka, lho! Jadi, buat Sobat MinDi yang beneran pengen jago copywriting dan pengen menggali banyak pelajaran dari para ahli, tentunya hal ini bisa jadi kesempatan yang menguntungkan banget buat kalian.

Selain itu, masih ada benefit menarik lain lagi nih, yaitu penyaluran kerja. Yap! Setelah Sobat MinDi selesai mengikuti Bootcamp Digital Marketing ini, nantinya kalian akan disalurkan kerja melalui hiring partner dibimbing.id juga, lho! Dengan begitu, Sobat MinDi bisa lebih mudah dan cepat juga buat memulai karier sebagai copywriter.

Kalau Sobat MinDi tertarik buat ikutan Bootcamp Digital Marketing ini, kalian bisa langsung aja mendaftar dan cari tau informasi lebih lengkapnya DI SINI. Hope to see you around, Sobat MinDi!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on whatsapp
WhatsApp

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *