5 Tools Gratis Digital Marketing Juli 2021

Oleh: Fadhil Ghifari

Digital marketer saat ini menjadi pekerjaan yang bisa dibilang paling dicari di tahun 2021. Tidak dapat dipungkiri bahwa tren jadi digital marketer semakin bertumbuh. Ini disebabkan karena berubahnya kebutuhan berbagai industri yang sangat cepat. Banyak tuntutan berbisnis yang harus segera beradaptasi menjadi go digital. Ini merupakan alasan utama mengapa profesi digital marketer makin dicari. Karena tingginya permintaan profesi digital marketer saat ini, maka diperlukan banyak tools gratis digital marketing. Tools ini akan membantu meningkatkan performa digital marketer.

Untuk kamu yang saat ini ingin memperdalam profesi digital marketing, berikut adalah beberapa tools yang bisa kamu akses secara gratis:

Canva

Merupakan tools yang sering sekali digunakan untuk membuat desain grafis. Aplikasi ini dapat dengan mudah untuk membuat desain kreatif secara online. Berbagai macam jenis template yang ada bisa dibilang cukup lengkap. Mulai dari poster, flyer, brosur, infografik, presentasi, instagram story, hingga meme. Canva dapat kamu akses di berbagai macam versi seperti web, Android, dan Iphone. Fitur yang dapat digunakan terbilang cukup lengkap untuk pengguna freemium. Namun, kamu juga bisa berlangganan fitur premium dengan harga yang masih dibilang ramah di kantong.

Trello

Trello banyak diperuntukan untuk membantu memperbaiki task management. Aplikasi ini bisa saja dianggap sebagai sticky notes yang lebih modern, rapi, dan terstruktur. Trello seringkali dipakai oleh para content planner dalam menyusun strategi konten, seperti content scheduling. Dalam aplikasi Trello, kamu bisa berkomunikasi dengan berbagai divisi yang ada. Selain itu, kamu bisa juga mencantumkan deadline pekerjaan yang nantinya akan terintegrasi ke email. Pengguna lainnya akan diberikan notifikasi ketika deadline tersebut akan segera datang waktunya. Aplikasi ini bisa diakses secara gratis dalam berbagai versi seperti web, Android, dan juga Iphone.

Google Analytics

Tools ini wajib digunakan untuk para digital marketer. Gunanya untuk mengetahui traffic para pengguna yang mengunjungi website. Tidak hanya mengetahui tentang traffic, Google Analytics juga memiliki berbagai macam fitur yang mudah digunakan untuk mengetahui data performa dari website. Selain itu, bisa juga untuk melihat demografi para pengguna, hingga sumber data bagaimana para pengguna dapat masuk ke websitenya. Kamu juga bisa dapat membaca semua data tersebut secara real time.

Later: Social Media Scheduler

Merupakan tools yang bisa kamu pergunakan untuk melihat performa di setiap postingan. Aplikasi ini akan memperlihatkan data-data berupa jumlah likes, comment, hingga impressions. Dari semua data yang didapatkan, kamu bisa melihat performa konten yang sudah dibuat. Kemudian, kamu bisa membuat keputusan berupa strategi apa yang akan dilakukan. Ini akan memudahkan kamu memperbaiki performa Instagram agar mendapatkan hasil yang lebih baik. Tools ini bisa kamu akses secara free. Tetapi, kami sarankan untuk upgrade untuk mendapatkan fitur-fitur premium lainnya. Fitur premium akan membantu meningkatkan performa Instagram kamu secara maksimal. 

Pretty Caption

Jika kamu seorang copywriter kamu akan suka tools ini. Pretty Caption akan memudahkan para copywriter dalam membuat caption. Aplikasi ini akan membantu membuat caption supaya terlihat lebih rapi. Keunggulan tools ini adalah tampilan websitenya yang user-friendly. Baik untuk pengguna yang menggunakan versi web ataupun versi mobile. Selain itu, tools ini pun tidak mengharuskan kamu untuk melakukan registrasi akun. Kesimpulannya, Pretty Caption merupakan free tools yang nyaman diakses dan digunakan.


Itulah 5 tools digital marketing yang bisa kamu pakai secara gratis. Tapi, kami tetap sarankan untuk menggunakan fitur-fitur premium. Pastinya akan dapat mendongkrak performa pekerjaanmu secara maksimal.

Jika kamu bingung dalam menggunakan tools-tools tersebut. Atau kamu ingin mempelajari cara melakukan pemasaran digital dengan benar. Kamu bisa ikuti pembelajaran dari Dibimbing. karena Dibimbing selalu membuka kelas Bootcamp Digital Marketing. Mau tau informasi lebih lengkap tentang materi yang dipelajari di bootcamp? Kamu bisa kunjungi di dibimbing.id.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on whatsapp
WhatsApp

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *